Penerbangan Semarang-Bali masih Aman dari Vulkanik Gunung Agung

Mustholih    •    Rabu, 27 Sep 2017 19:13 WIB
erupsi gunungerupsi gunung agung
Penerbangan Semarang-Bali masih Aman dari Vulkanik Gunung Agung
Petugas Apron Movement Control (AMC) memantau landasan parkir pesawat di ruang Airport Operational Control Centre (AOCC) atau pusat kontrol operasional bandara di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Metrotvnews.com, Semarang: Rute penerbangan dari Semarang, Jawa Tengahtujuan Denpasar, Bali, diklaim masih aman dari aktivitas vulkanik Gunung Agung yang terus meningkat. Hingga hari ini, Bandara Ahmad Yani masih melayani rute penerbangan Semarang-Bali dan sebaliknya tanpa mengalami kendala yang berarti.

"Penerbangan ke Bali belum ada gangguan. Masih normal. Dari Bali ke Semarang juga begitu. Satu hari ada dua kali jadwal penerbangan dan itu penuh terus," kata General Manager Bandara Ahmad Yani, Maryanto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 27 September 2017.

Maryanto mengklaim, Bandara Ahmad Yani juga sudah siap dengan langkah-langkah antisipasi apabila Gunung Agung tiba-tiba erupsi. Langkah antisipasi tersebut, antara lain, memastikan pesawat yang terbang ke Bali kembali ke Semarang. "Apabila Denpasar ditutup, pesawat akan kembali ke Semarang atau dialihkan ke Makassar apabila sudah terlanjur dekat," tegas Maryanto.

Per hari ini, aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali terpantau 329 kali mengalami gempa vulkanik dangkal, 444 kali gempa vulkanik dalam, dan 56 kali gempa tektonik lokal. Secara visual, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50 meter di atas kawah puncak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana melakukan pendataan itu sejak pukul 00.00 - 18.00 Wita. Jumlah gempa ini lebih banyak dari kemarin, dan bahkan dirasakan juga meningkat.

Meski begitu, Bandara Ahmad Yani menilai aktivitas vulkanik Gunung Agung masih aman dilintasi pesawat dari Semarang tujuan Denpasar. "Sementara ini belum ada kendala. Karena Denpasar belum ditutup, jadi aman dan tidak ada masalah," ungkap Maryanto.

Keterangan foto: Aktivitas penerbangan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, masih aman dari letusan Gunung Agung, Bali.



(ALB)