Napi Kabur Nusakambangan Kembali Ditangkap

Mustholih    •    Rabu, 12 Jul 2017 16:34 WIB
tahanan kabur
Napi Kabur Nusakambangan Kembali Ditangkap
Petugas buru dua narapidana Nusakambangan yang kabur. (Dokumentasi Polda Jateng)

Metrotvnews.com, Semarang: Pelarian Hendra alias Hen dari salah satu lapas di Pulau Nusakambangan, Cilacap usai sudah. Petugas gabungan menangkapnya di hutan bakau sekitar lapas, Rabu, 12 Juli 2017.

Hendra sempat lolos saat petugas memergokinya tengah makan di belakang lapas narkotika Nusakambangan. Dia makan bersama napi yang juga kabur, Agus Triyadi. 

Agus berhasil ditangkap petugas saat itu juga. "Hendra ditangkap jam 14.00 WIB, tanpa perlawanan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Bambang Soemardiyono, saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, di Semarang.

Keduanya langsung dimasukkan ke ruang isolasi di Lapas Batu, Nusakambangan. (Baca: Napi Kabur Tertangkap di Belakang Lapas Nusakambangan)

Agus dan Hendra merupakan tahanan di Lapas Besi. Napi kasus pencurian itu kabur dengan menjebol atap kamar mandi yang sudah tak terpakai pada Minggu, 9 Juli 2017.

Kaburnya Agus menambah daftar narapidana melarikan diri dari lapas di Pulau Nusakambangan. Pada 19 Juni 2017, napi atas nama Kadarmono kabur dan hingga sekarang belum ditangkap.

Dalam perburuan napi kabur, petugas melibatkan unsur Lapas Nusakambangan, Polisi, dan TNI Angkatan Laut.

Tujuh lapas

Kasus narapidana kabur dari lapas di Nusakambangan memang bukan kali ini terjadi. Bukan kali ini pula narapidana kabur berhasil ditangkap kembali.

Umumnya, penangkapan tidak jauh dari lapas. Alias masih di dalam pulau yang berada di selatan Kabupaten Cilacap itu. 


Dermaga Sodong, Nusakambangan, Cilacap, Jateng. (Media Indonesia/Liliek Dharmawan)

Maklum, penjagaan di Pulau Nusakambangan cukup ketat. Boleh dibilang, pulau ini hanya "milik" Kementerian Hukum dan HAM.

Di sini, terdapat tujuh lembaga pemasyarakatan. Yakni, Lapas Klas I Batu, Lapas Klas IIA Besi, Lapas Klas IIA Kembang Kuning, Lapas Klas IIA Pasir Putih, Lapas Klas IIA Permisan, Lapas Narkotika Klas IIA, dan Lapas Terbuka Klas IIB.

Penjagaan ekstra ketat berlaku di Pulau Nusakambangan. Pulau ini hanya bisa dijangkau melalui Dermaga Wijayapura.

Dengan menumpang kapal yang dikelola Kemenkumham, pengunjung akan tiba di Dermaga Sodong. Tentunya, setelah menjalani pemeriksaan yang rigid, tak terkecuali TNI, Polri.


(SAN)