Buya Syafii: Kualitas Mayoritas Anggota DPR di Bawah Standar

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 22 Aug 2017 18:17 WIB
dpr
Buya Syafii: Kualitas Mayoritas Anggota DPR di Bawah Standar
Seorang pengujung mengamati maket gedung baru DPR di gedung pendaftaran pra kualifikasi pembangunan gedung DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tokoh senior Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meminta anggota DPR menggunakan hati nurani dan kepekaan jika minta dibangunkan apartamen. Di sisi lain, utang negara ke luar negeri terbilang sangat besar. 

"Cobalah anggota DPR pakai hati nurani, pakai kepekaan. Utang negara kan tinggi, walaupun utang itu untuk (pembangunan) infrastruktur," kata Syafii Maarif di Yogyakarta pada Selasa, 22 Agustus 2017. 

Baca: Fahri Pasrahkan Nasib Gedung Baru DPR ke Pemerintah

Buya, sapaan Syafii Maarif, mengungkapkan, anggota DPR semestinya menanyakan lebih dulu ke pihak lain soal kondisi gedung Dewan yang dianggap sudah tak memadai. Para wakil rakyat dinilai tak pantas menilai kondisi gedung karena bukan kapasitasnya. 

"Tanyalah kepada insinyur, apakah gedung dewan sudah tak memadai. Jangan DPR yang bicara tapi ahli bangunan yang bicara," tutur mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini. 

Buya memaklumi wacana anggota Dewan meminta apartemen. Ia mengaku sudah lama merasa pesimis dengan kemampuan anggota DPR. 

"Wakil rakyat tapi kelakuannya seperti itu, walaupun tidak semuanya. Tapi mayoritas kualitasnya (anggota DPR) di bawah standar," ujarnya. 

Baca: PAN tak Setuju Pembangunan Gedung Baru DPR

Menurutnya, belum saatnya DPR membangun apartemen atau gedung baru yang lain. Ia menilai masih ada kepentingan lain yang pantas didahulukan. 

"Jadi tidaknya ini tergantung negosiasi. DPR banyak yang nakal, to. Bisa saja dalam pembahasan APBN segala macam, Jokowi bisa ditolak," ucapnya.


(SAN)