Tilang CCTV di Jepara Diterapkan Tahun Depan

Rhobi Shani    •    Rabu, 04 Oct 2017 16:08 WIB
lalu lintas
Tilang CCTV di Jepara Diterapkan Tahun Depan
Kamera pengawas terpasang di perempatan Rahayu Jepara

Metrotvnews.com, Jepara: Penerapan tilang kamera pengawas (CCTV) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, paling cepat tahun depan. Saat ini, kamera pengawas baru terpasang di enam titik. Yaitu di Perempatan Bangsri, Mlonggo, sekitar Shoping Centre Jepara, Perempatan Rahayu dan Tugu Kartini di Jalan Pemuda, Kalipucang, Gotri dan Mayong.
 
Kasatlantas Polres Jepara AKP I Putu Krisna menyampaikan, paling cepat penerapan tilang CCTV bisa dilakukan tahun depan. Pasalnya, kamera pengawas yang sudah terpasang di sejumlah titik di Jepara masih butuh persiapan.  
 
“CCTV di beberapa ruas jalan sudah terpasang. Tinggal siapkan pengeras suara dan IT-nya. Tahun depan dimungkinkan bisa diterapkan,” kata Krisna, Rabu 4 Oktober 2017.
 
Kabid Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Aris Setiawan menerangkan, untuk memanfaatkan CCTV yang sudah terpasang untuk tilang CCTV dibutuhkan pembenahan. Pasalnya, belum semuanya mendukung untuk penerapan tilang berbasis CCTV. Kamera pengawas yang saat ini terpasang belum bisa digunakan untuk mengambil gambar jarak dekat.
 
“Beberapa belum bisa di-zoom. Selain itu, bandwidth yang masih rendah juga membuat kualitas distribusi gambar yang dihasilkan tidak maksimal,” terang Aris, Rabu 4 Oktober 2017.
 
Aris bilang, bandwidth pada kamera yang terpasang saat ini baru sebesar 50 mbps. Jumlah itu harus dibagi dengan akses internet di tiap kecamatan dan area Sekretariat Daerah (Setda). Hal itu membuat akses internet lambat. Termasuk untuk CCTV yang juga menggunakan sistem dalam jaringan.
 
“Saat ini pun CCTV yang ada sementara belum bisa diakses. Itu lantaran saat ini tengah dilakukan pemeliharaan. Termasuk juga terpengaruh oleh proyek pelebaran jalan di Jalan RA Kartini. Akhir tahun ini akan bisa diakses lagi,” papar Aris.
 
Aris mengemukakan, pihaknya juga merencanakan akan menambah beberapa titik ruas jalan untuk dipasangi CCTV. Saat ini pihaknya masih melakukan kajian titik mana yang akan dipasang. Prinsipnya titik tersebut merupakan ruas jalan yang rawat kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
 
“Kalau kapan bisa menerapkan CCTV untuk tilang, tahun depan mungkin sudah siap,” pungkas Aris.


(ALB)