Jepara Baru Bentuk FPBR

Rhobi Shani    •    Rabu, 18 Oct 2017 15:59 WIB
bencana
Jepara Baru Bentuk FPBR
Suasana sidang kongres FPBR Jepara di BBPAB Jepara . MTVN/Rhobi

Metrotvnews.com, Jepara: Secara nasional Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPBR) sudah dibentuk sejak 2011. Namun, di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, forum ini baru proses pembentukan. Itu karena rendahnya kesadaran masyarakat akan pengurangan risiko bencana.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Lulus Suprayetno menyampaikan, pembentukan FPBR di Kabupaten Jepara melalui kongres yang berlangsung hari ini hingga besok, Kamis 19 Oktober 2017. Nantinya, FPBR akan bermitra dengan BPBD dalam bekerja.
 
“Kenapa baru dibentuk sekarang, karena kondisinya belum ada kepedulian. Kongres FPBR ini inisiatif dari BPBD,” ujar Lulus di sela-sela kegiatan kongres FPBR di kompleks Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Rabu 18 Oktober 2017.
 
Lulus bilang, keberadaan FPBR sebagai alat kontrol serta menampung aspirasi dari masyarakat yang peduli terhadap risiko becana. Sehingga, seiring berjalannya waktu kehadiran FPBR mampu menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk mengurangi risiko bencana.
 
“FPBR terdiri dari empat puluh unsur masyarakat dan pemerintah. Termasuk juga ada perwakilan dari kaum difabel dan gender,” kata Lulus.
 
Setelah FPBR terbentuk melalui kongres, tugas pertama adalah penguatan kelembagaan. Nantinya, sekretariat FPBR berada di kantor BPBD Jepara.
 
“Tiga bulan pertama akan fokus pada penyuluhan masyarakat,” ujar Lulus. 



(ALB)