Warga Mengira Napi yang Kabur adalah Pencari Burung

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 30 Dec 2017 00:29 WIB
tahanan kabur
Warga Mengira Napi yang Kabur adalah Pencari Burung
Ilustrasi. Metrotvnews.com

Pekalongan: Kepolisian bersama petugas Lapas Pekalongan hingga Jumat malam, 29 Desember 2017, masih memburu dua dari tujuh narapidana yang kabur dari Lapas Kelas IIA Pekalongan dengan memanjat tembok, pada Jumat siang tadi.

Nur Kamat, 50, salah satu warga Kelurahan Panjang Wetan, yang berada di sekitar lokasi, mengaku sempat melihat tiga orang yang mondar-mandir di lokasi dalam gudang. Namun ia tidak mengetahui jika tiga orang yang hendak memanjat pagar di lokasi gudang kosong tersebut adalah para napi yang kabur dari Lapas.

"Saya enggak tahu kalau itu napi yang sedang melarikan diri. Saya kira orang yang sedang mencari burung. Soalnya mereka tidak memakai kaos tahanan," ujarnya, Jumat, 29 Desember 2017.

Baca: 7 Napi Lapas Pekalongan Kabur

Nur Kamat baru menyadari jika tiga orang tersebut adalah napi yang sedang diburu petugas, setelah ada salah satu petugas yang mencari dan menanyakan kepadanya keberadaan para napi.

"Tadi ada petugas Lapas yang nanya ke saya, lihat orang yang dimaksud atau enggak. Saya sempat lihat di dalam gudang. Ternyata tiga orang yang saya lihat itu napi yang kabur," tambahnya.

Siti, warga lain juga mengatakan hal senada. Ia tidak tahu jika orang-orang yang dilihat di dalam gudang kosong tersebut adalah napi yang melarikan diri.

"Salah satu dari tiga orang itu mau manjat pagar gudang, tapi tidak bisa karena pagarnya tinggi. Kemudian dia jalan ke arah barat," tutur Siti.

Kapolsek Pekalongan Utara, Kompol Agus Riyanto menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya mencari keberadaan dua napi yang kabur.

"Pokoknya akan kami cari sampai dapat. Dengan cara paksa atau menyerahkan diri. Petugas yang berjumlah lebih dari seratusan personel akan terus standby di lokasi," pungkasnya.

Baca: Data 7 Napi Kabur dari Lapas Pekalongan


(LDS)