Pemkot Didesak Segera Menata Parkir Kota Yogyakarta

   •    Kamis, 28 Dec 2017 18:23 WIB
perparkirantarif parkir
Pemkot Didesak Segera Menata Parkir Kota Yogyakarta
Ilustrasi parkir. Foto: MTVN/M. Rizal

Yogyakarta: Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto mendesak Pemkot Yogyakarta segera menyusun tata kelola parkir yang baik dan menindak tegas praktik parkir liar.

"Tukang parkir adalah duta terdepan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, mereka membutuhkan edukasi agar ramah terhadap wisatawan dan memberikan pelayanan terbaik," kata Eko seperti dilansir Antara, Rabu, 27 Desember 2017.
 
Dikatakan Eko, masalah tarif parkir yang di luar kewajaran jelas menyalahi aturan dan butuh tindakan tegas agar tidak terulang. Menurut dia, tindakan tegas perlu dilakukan karena perilaku tukang parkir tiban atau tukang parkir dadakan yang mematok tarif sangat mahal di lokasi wisata.

"Ini refleksi bersama yang menunjukan adanya kesalahan manajemen pengelolaan parkir di Yogyakarta, harus ada ketegasan dan perbaikan tata kelola parkir karena ruang parkir di Yogyakarta itu terbatas," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Wisatawan di Yogyakarta Diminta Tak Parkir Sembarangan

Eko menambahkan persoalan yang berulang tiap kali ada masa libur panjang ini sebenarnya bisa diselesaikan jika ada ketegasan dan edukasi serta sosialisasi peraturan kepada publik terkait peraturan soal parkir.

"Di luar urusan pendapatan parkir, ada masalah tata kelola parkir di Yogyakarta. Sikap tegas diperlukan agar tidak terulang," kata Eko.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta harus bisa bekerja sama dengan pemangku terkait untuk memberikan edukasi kepada semua tukang parkir. Sehingga memiliki jiwa pelayanan bukan hanya berorientasi mendapatkan pendapatan tinggi kala puncak kunjungan wisata. Sikap mematok tarif parkir seenaknya tidak boleh dibiarkan karena merugikan orang lain.

Baca juga: Tiga Juru Parkir di Yogyakarta Dibekuk

Wisatawan yang datang akan menceritakan hal yang baik tentang Kota Yogyakarta. "Pengunjung juga akan bercerita pengalaman berwisata dan membagikan kenangan liburan ke kampung halaman masing-masing, jangan sampai mereka kapok gara gara parkir nuthuk itu," kata dia.

"Pemda DIY perlu segera mengkoordinasikan pemkab/kota se DIY untuk menyusun tata kelola parkir yang baik dan menindak tegas parkir liar. Masyarakat juga harus mematuhi aturan parkir secara benar dan melaporkan jika ada tindakan melanggar hukum pada ombudsman, DPRD atau Pemda," imbuhnya.




(MBM)