DJP Jateng II Siap Melayani Amnesti Pajak Hingga Tengah Malam

Pythag Kurniati    •    Jumat, 30 Sep 2016 15:32 WIB
tax amnesty
DJP Jateng II Siap Melayani Amnesti Pajak Hingga Tengah Malam
Antrean wajib pajak yang memanfaatkan layanan tax amnesti periode satu dengan jumlah tebusan 2 persen di Kanwil DJP Jateng II, Jumat (30/09/2016). (Foto: MTVN/Pythag)

Metrotvnews.com, Solo: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II siap melayani wajib pajak hingga tengah malam di hari terakhir program tax amnesty periode pertama. Hal ini dilakukan lantaran melonjaknya wajib pajak yang hendak mengikuti program tax amnesty atau pengampunan pajak.

"Beberapa hari ini lonjakan permintaan cukup banyak, maka kami membuka layanan hingga tengah malam sampai semua wajib pajak terlayani," ungkap Kakanwil DJP Jateng II Lusiani, di Kanwil DJP Jateng II di Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/09/2016).

Lusiani mengatakan menambah jam layanan sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir batas waktu periode satu. "Kemarin kita juga membuka layanan sampai lebih dari jam 8 malam," jelasnya.

Sedangkan dari sisi petugas layanan, Kanwil DJP Jateng II telah menerjukan 90 persen dari seluruh karyawannya atau sekitar 70 orang untuk melayani wajib pajak.

Hingga saat ini, lanjutnya, jumlah tebusan amnesti pajak di DJP Jateng II mencapai Rp1,2 triliun. Sedangkan jumlah wajib pajak yang telah memanfaatkan amnesti pajak sebanyak 9.200 orang

"Terdiri dari sekitar 80 wajib pajak orang pribadi dan sisanya wajib pajak badan. Ada beberapa UMKM, namun belum banyak," papar dia.

Menginjak periode II dengan nilai tarif tebusan 3 persen, DJP Jateng II akan melakukan sosialisasi lebih gencar. Berbeda dengan wajib pajak orang pribadi dan badan, Lusiani mengatakan, UMKM hanya akan dikenai tarif tebusan 0,5 persen sampai 2 persen sesuai peredaran bruto dan jumlah harta yang dideklarasikan.


(MEL)