BPBD DIY Siapkan Peta Mikrozonasi Gempa

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 12 Oct 2018 22:07 WIB
gempa bumi
BPBD DIY Siapkan Peta Mikrozonasi Gempa
Ilustrasi gempa, Medcom.id - M Rizal

Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan peta mikrozonasi gempa. Peta tersebut berisi titik-titik rinci kawasan rawan terdampak gempa bumi di DIY. 

Manager Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY, Danang Samsurizal, menjelaskan, pemetaan daerah rawan gempa telah dilakukan dalam beberapa waktu lalu. Pemetaan itu kemudian dituangkan menjadi sebuah peta. 

"Kami menyebut sebagai peta mikrozonasi gempa. Ini sudah kami kerjakan," kata Danang ditemui Medcom.id di ruang kerjanya pada Jumat, 12 Oktober 2018. 

Ia menuturkan, pembuatan peta itu berdasarkan pengamatan dan pengkajian detil soal potensi gempa bumi di DIY. Peta tersebut dikerjakan konsultan bersama bagian Kesiapsiagaan Bencana BPBD DIY. 

"Data pembuatan peta kami ambil dengan melihat kajian sejarah bencana. Lalu ada data terbaru yang dimiliki BMKG, Dinas PU, dan sejumlah instansi lain," ungkapnya. 

Menurut Danang, peta tersebut nantikan akan menjadi dasar dalam menyikapi apabila terjadi bencana gempa bumi. Mulai dari pemasangan mikro tremor dengan cara dibor serta melihat pola redaman tanah. 

Selain itu, peta mikrozonasi gempa juga akan menjadi rekomendasi untuk pemerintah dalam memperbaiki peta tata ruang hingga pembangunan infrastruktur. "Peta dalam proses penyelesaian. Kemungkinan selesai. Tapi memang (peta mikrozonasi) belum dipublikasikan," tuturnya. 


(RRN)