Kloter Haji Terakhir asal Kendal Tiba

Iswahyudi    •    Sabtu, 30 Sep 2017 13:02 WIB
haji 2017
Kloter Haji Terakhir asal Kendal Tiba
Jemaah haji Kendal kloter terakhir datang dari Tanah Suci. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com.Kendal: Sebanyak 784 jemaah haji asal Kendal yang terdiri dari empat kelompok terbang (kloter) tiba hari ini, Sabtu 30 September 2017. Isak tangis dan haru menyambut kedatangan para haji.

Tak sedikit dari mereka terlihat menitikkan air mata bahagia bisa kembali bertemu keluarga yang berangkat haji. Sebagian jemaah haji yang datang langsung memeluk keluarga yang menanti.

Salah satu haji asal  desa  Wungurejo Ringinarum, Samsudin, terlihat mendampingi  orangtuanya  yang  sudah lanjut usia. Dia mendorong orangtuanya yang sudah harus menggunakan kursi roda.

Dia bercerita, cuaca  di Arab  Saudi sangat panas. Namun, semua rukun haji bisa dia dan keluarga kerjakan. Walaupun, sebagian kewajiban sang orangtua harus diwakilkan.

"Kesulitanya ketika  mau salat  dari kamar hotel harus  antre lama  sebab  lift terbatas. Semua  ingin  cepat  keluar," kata  Samsudin.

Sebelumnya, Kloter 20 yang terdiri dari 352 haji tiba di Kendal 13 September 2017 lalu. Hari ini  kloter  74,75,76 dan 77 tiba  di Kendal secara berurutan.

Plt Penyelenggara  Haji dan Umroh  Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kendal, Muslikhan, menyebut jemaah  haji  Kabupaten Kendal tahun  2017 berjumlah 1.136 yang terbagi dalam lima  kelompok terbang. Dengan tibanya empat kloter hari ini, seluruh jemaah asal Kendal telah tiba.

Walau demikian, tiga dari 1.136 haji asal kendal  meninggal di Arab Saudi. "Meningga  ada  tiga  orang, sedangkan  yang  sakit ada   dua  orang. Alhamdulilah hari ini  sampai di Kendal  Semua” kata  Muslikan.


(SUR)