83 Ribu Kepala Keluarga di Brebes Belum Memiliki Jamban

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 23 May 2017 10:47 WIB
lingkungan
83 Ribu Kepala Keluarga di Brebes Belum Memiliki Jamban
Pembangunan jamban di Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), baru 68,54 persen atau 181.459 kepala keluarga di Brebes yang memiliki jamban. Sisanya, lebih dari 83 ribu kepala keluarga belum memiliki jamban untuk buang air besar (BAB).

"Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Brebes adalah desa termiskin di Jawa Tengah. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai buruh petik bawang dan nelayan. Di desa ini, sekitar dua ribu kepala keluarga belum memiliki jamban," kata Bahrul Ulum, pemerhati lingkungan sekaligus perwakilan Unicef di Brebes, Jawa Tengah, Selasa 23 Mei 2017.

Menurut Ulum, tidak hanya warga kurang mampu saja yang belum memiliki jamban. Banyak juga keluarga mampu yang enggan membangun jamban di rumahnya.

Ulum mengatakan, diperlukan kesadaran masyarakat dan perhatian semua pihak agar setiap rumah tangga memiliki jamban. Namun, hanya warga kurang mampu saja yang berhak menerima bantuan pembangunan jamban.

Anggota DPR asal Brebes Agung Widyantoro mengatakan, warga yang belum memiliki jamban di rumah biasanya BAB di sembarang tempat. Selain di sungai atau aliran irigasi, tidak sedikit warga BAB di pekarangan rumah.

"Kondisi ini jelas sangat rawan terjadinya penyebaran penyakit," tutur Agung.

Menyikapai hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyiapkan program bantuan pembuatan 1.500 jamban. Sementara, bantuan dari Gubernur sebanyak 300 unit jamban.

"Kebutuhan jamban bagi masyarakat Brebes memang sangat besar dan tidak bisa dipenuhi dalam waktu singkat," ujar Kasi Promkes Pemberdayaan dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Brebes Muhtar.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, prosentase cakupan jamban di Kabupaten Brebes hingga Mei 2017 mencapai 68.35 persen (391.861 kepala keluarga) dari total 573.330 total kepala keluarga. Sementara, yang belum punya jamban ada 31.65 persen (181.469 kepala keluarga).


(NIN)