Kloter Terakhir Calon Haji Jateng DIY Diberangkatkan Hari Ini

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 26 Aug 2017 12:17 WIB
haji 2017
Kloter Terakhir Calon Haji Jateng DIY Diberangkatkan Hari Ini
Jemaah calon haji Jateng DIY berangkat ke Tanah Suci

Metrotvnews.com, Boyolali: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo memberangkatkan kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah calon haji Jawa Tengah dan DIY. Kloter 95 atau kloter terakhir diberangkatkan pada Sabtu, 26 Agustus 2017.

Kasubag Humas Embarkasi Solo Badrus Salam mengungkapkan jemaah calon haji kloter terakhir berangkat sekitar pukul 07.55 WIB. “Kloter terakhir mengangkut jemaah dari Kabupaten Jepara,” ungkap Badrus, Sabtu, 26 Agustus 2017. 

Selain jemaah calon haji asal Kabupaten Jepara, kloter terakhir juga diisi sejumlah calon haji yang keberangkatannya sempat tertunda dan tidak bisa berangkat dengan kloter mereka. Misalnya jemaah calon haji dari Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Temanggung, Kota Semarang dan DIY.

Pada kloter terakhir, dua calon haji terpaksa tidak bisa berangkat ke Tanah Suci lantaran sakit. Mereka adalah Soehirati Khusnan (Kabupaten Rembang) dan Nur Hidayah Muhdi (Kabupaten Klaten). Keduanya akan diberangkatkan pada tahun 2018.

Badrus memaparkan, kuota jemaah calon haji Jawa Tengah DIY tahun 2017 yakni sebanyak 34.112 orang. Terdiri dari 30.449 calon haji asal Jawa Tengah dan 3.188 calon haji asal DIY.

Realisasinya selama masa pemberangkatan, ada 33.892 orang calon haji Jateng DIY yang diberangkatkan. Terdiri dari 30.244 orang calon haji Jawa Tengah dan 3.174 calon haji asal DIY.

“Artinya, antara kuota dengan realisasi masa pemberangkatan ada selisih sebanyak 220 orang,” papar Badrus.

Mereka batal berangkat tahun ini. “Ada yang karena wafat, hamil, sakit di daerahnya dan lain sebagainya,” ujar dia.

Selama masa pemberangkatan, PPIH Embarkasi Solo mencatat ada 11 orang alon haji yang meninggal dunia. Satu orang meninggal di Asrama Haji Donohudan. Sedangkan 10 orang lainnya wafat di Tanah Suci.



(ALB)