Dinkes DIY Pastikan Vaksin Imunisasi tidak Haram

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 29 Jul 2017 13:14 WIB
imunisasi
Dinkes DIY Pastikan Vaksin Imunisasi tidak Haram
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah sekolah di Yogyakarta sempat menolak imunisasi Meales Rubbela (MR) bagi siswanya karena dianggap haram. Menanggapi itu, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin kehalalan vaksin.

"Vaksin diproduksi PT Biofarma, Insyaa Allah halal," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyamingastuti di Yogyakarta, Sabtu 29 Juli 2017.

Pembajun mejelaskan, vaksin MR berfungsi mencegah penyakit campak dan rubella. Pembuatan vaksin tak bersentuhan dengan unsur yang dikhawatirkan sejumlah sekolah yang menolak imunisasi.

"Imunisasi itu tujuannya mencegah kecacatan, kesakitan, dan kematian. Supaya jika sakit, tidak terpapar dengan parah. Imunisasi ini gratis," ujarnya.

(Baca: Pelajar di Yogyakarta Menolak Divaksin Rubella)

Menurut Pembajun, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY dan sejumlah lembaga terkait masalah tersebut. Bahkan, ia bakal mengajak dialog wali murid.

"Jika lingkungan sehat, ibu dan anak tentu akan sehat juga," kata dia.

Untuk diketahui, ada delapan sekolah di DIY yang menolak imunisasi MR. Saat ini, Kanwil Kemenag DIY tengah menelusuri masalah tersebut agar segera selesai.


(NIN)