Jalur dan Tempat Parkir Alternatif di Jogja saat Malam Tahun Baru

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 29 Dec 2017 10:25 WIB
tahun baru
Jalur dan Tempat Parkir Alternatif di Jogja saat Malam Tahun Baru
Puluhan kendaraan memadati ruas Jalan Abu Bakar Ali untuk menuju kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta -- ANT/Sigid Kurniawan

Sleman: Sejumlah jalur alternatif disiapkan sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas di Yogyakarta saat perayaan pergantian tahun. Jalur alternatif salah satunya disiapkan di wilayah Kaliurang.

Kanit Dikyasa Polres Sleman Ipda Riki Heriyanto mengatakan pengunjung obyek wisata Kaliurang bisa melewati jalur utama saat malam tahun baru. Namun, mereka harus menggunakan jalur alternatif jika hendak turun dari Kaliurang.

"Kami melakukan ini karena tahun-tahun sebelumnya selalu terjadi kepadatan lalu lintas saat malam tahun baru, kendaraan selalu padat merayap," kata Riki di Sleman, Yogyakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Riki menjelaskan, jalur alternatif yang disiapkan melalui tempat pendidikan Wanita Angkata Udara di dekat Kaliurang. "Nanti tembusnya di dekat Pasar Pakem," lanjutnya.

Saat ini, lanjut Riki, pihaknya telah memasang rambu-rambu untuk mengarahkan pengguna jalan. Selain itu, kendaraan dilarang parkir di sejumlah bahu jalan utama, khususnya di jalan nasional dan Jalan Padjajaran (ringroad). Bagi yang melanggar akan ditindak tegas.

"Ada atau tidak ada rambu-rambu, bahu jalan tak boleh digunakan parkir. Termasuk di Jalan Solo menuju Bandara (Adisutjipto) yang masih banyak pelanggaran (parkir)," ujarnya.

Menurut Riki, kendaraan yang parkir di bahu jalan dalam mempersempit ruas jalan saat lalu lintas padat. Ia mengimbau pengendara parkir di lokasi alternatif, sehingga tidak memakan bahu jalan.

"Di obyek-obyek wisata pun demikian. Jika lokasi parkir penuh, parkirlah di tempat alternatif," jelasnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto menambahkan, pihaknya telah menyiapkan lokasi parkir alternatif. Di antaranya berada di bekas gedung UPN seputaran Malioboro.

Lokasi parkir alternatif lainnya adalah menggunakan lahan parkir milik PT KAI Daop VI di kawasan Stasiun Tugu serta di kawasan parkir Terminal Ngabean. "Kami juga siapkan penindakan oleh Satpol PP dan Kepolisian jika ada pelanggaran," ungkapnya.


(NIN)