Kemendag Fasilitasi Pasar Murah di 125 Titik di Indonesia

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 16 Dec 2017 12:02 WIB
natal dan tahun baru
Kemendag Fasilitasi Pasar Murah di 125 Titik di Indonesia
Pasar Murah di GKJ Danukusuman, Kota Solo, Jateng, Jumat, 15 Desember 2017.

Solo: Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi pasar murah dalam bentuk penyediaan paket-paket sembako. Pasar murah ini digelar menjelang Hari Natal dan dilakukan di gereja-gereja di Indonesia.

"Ada 125 titik lokasi pasar murah," kata Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat, 15 Desember 2017.

Pasar murah akan diprioritaskan di daerah-daerah dengan jumlah umat Nasrani yang cukup tinggi. "Dilakukan mulai hari ini sampai sebelum Natal, sampai 23 Desember," kata dia.

Adapun Kota Solo ditunjuk sebagai lokasi pertama digelarnya pasar murah. Di Solo, Kementerian Perdagangan menggandeng Artha Graha Peduli menyediakan 400 paket sembako di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Danukusuman, Serengan, Solo.

Pantauan Medcom.id, kurang dari satu jam, paket-paket sembako ludes dibagikan. Paket sembako berisi 2 liter minyak goreng, beras 3 kilogram, tepung terigu 1 kilogram, gula pasir 2 kilogram, sirup dan kecap.

"Paket itu senilai Rp 100 ribu. Namun masyarakat hanya menukar setengah harga (Rp 50 ribu)," beber Eva.

Sedangkan, hasil penjualan dari pasar murah akan disumbangkan kepada pihak gereja. "Kami ingin membantu distribusi bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat terutama yang merayakan Natal dan memberi manfaat," imbuhnya.

Salah seorang jemaat GKJ Danukusuman, Darmadi, 70 mengungkapkan sangat terbantu dengan digelarnya pasar murah sebelum Natal. "Kebahagiaan Natal kami semakin terasa. Berguna sekali," ujar dia.

Kementerian Perdagangan juga bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga. Upaya ini dilakukan untuk menjaga harga dan stok pangan stabil menjelang Natal dan tahun baru 2018.


(ALB)