Kenaikan Tunjangan Anggota DPRD Jawa Tengah Belum Ketok Palu

Mustholih    •    Rabu, 04 Oct 2017 14:25 WIB
dprd
Kenaikan Tunjangan Anggota DPRD Jawa Tengah Belum Ketok Palu
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggodok besaran kenaikan tunjangan bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah. Wakil Gubernur Jawa Tengah  Heru Sudjatmoko menegaskan, kenaikan tunjangan masih menunggu penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 dalam rapat paripurna DPRD Jawa Tengah.

"Sedang dirembuk nanti akan dikeluarkan secara resmi dalam APBD perubahan 2017. Semuanya normatif sesuai dengan peraturan," kata Heru, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 4 September 2017.

Namun, Heru mengaku tak mengetahui jadwal rapat paripurna penetapan kenaikan tunjangan anggota DPRD Jawa Tengah tersebut. Yang jelas, pada 12 Oktober nanti, Pemprov dan DPRD Jawa Tengah bakal duduk bersama membahas besaran kenaikan tunjangan para anggota dewan. 

"Ini kita tetapkan 12 Oktober, baru setelah itu diajukan ke Mendagri. Setelah itu, baru dilaksanakan paripurnanya untuk penetapan secara resmi," tegas Heru.

Semua anggota DPRD se-Indonesia dipastikan mendapat kenaikan tunjangan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan hak administratif pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Besaran tunjangan yang diterima mereka disesuaikan dengan kondisi keuangan di masing-masing Pemerintah Daerah.

Heru menyatakan tidak hafal berapa besaran tunjangan yang bakal diterima anggota DPRD Jawa Tengah. "Enggak hafal saya. Yang penting naik dan tidak melanggar perturan. Saya tidak ikuti pembicaraan secara detail. Saya sengaja tidak menghafal," terang Heru sembari tertawa.

Heru menegaskan alokasi keuangan Pemprov Jawa Tengah cukup untuk kenaikan tunjangan. "Sudah dipertimbangkan bersama, insyaallah ada. Dengan kata lain kita tidak akan mengorbankan kepentingan masyarakat, tapi untuk mendukung kelancaran bersama," jelas Heru.


(ALB)