Belasan Siswa SD di Kudus Keracunan Keripik Pare

Rhobi Shani    •    Rabu, 12 Oct 2016 15:30 WIB
keracunan makanan
Belasan Siswa SD di Kudus Keracunan Keripik Pare
Siswa SD 4 Honggosoco, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah yang keracunan dirawat di Puskesmas Tanjungrejo. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Kudus: Belasan siswa SD Negeri 04 Honggosoco Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dibawa ke Puskesmas Tanjungrejo. Mereka mual dan muntah-muntah usai makan keripik jamur dan keripik pare. 
 
Seorang siswa, Filif Firmansyah bilang, usai memakan keripik pare dan keripik jamur pemberian temannya, dia merasa pusing dan muntah. Teman-temannya juga merasakan hal yang sama.
 
“Tadi di kelas dikasih pare dan jamur (keripik) sama teman,” ujar Filif, terbaring lemas di Puskesmas, Rabu (12/10/2016).
 
Meski sudah mendapat perawatan di Puskesmas, sejumlah siswa masih muntah-muntah. Beberapa ada yang mengalami sesak nafas, sehingga harus mendapatkan bantuan oksigen. Lantaran terbatasnya jumlah ranjang, satu ranjang harus digunakan dua anak.
 
“Habis makan terus pusing, tapi ini sudah lumayan enakan,” kata Muhammad Irfan, siswa yang juga ikut dirawat di Puskesmas.
 
Sementara, Kepala SD Negeri 04 Honggosoco Tatik Subiyanti mengatakan, siswanya mengkonsumsi keripik usai mengikuti pelajaran olahraga. Keripik dibawa salah satu siswa.
 
“Setelah makan keripik itu, anak-anak menangis karena sakit mual, pusing, terus ada yang muntah. Kami beri air kelapa hijau. Lalu badan anak-anak ini tadi panas langsung kami bawa ke Puskesmas,” papar Tatik.
 
Tatik menambahkan, semula hanya 12 anak yang mengalami gejala keracunan. Selang 15 menit kemudian, jumlah anak yang keracunan bertambah.
 
Kapolsek Jekulo AKP Mardi Susanto mengaku pihaknya akan menguji sisa makanan di laboratorium.


(SAN)