Intensitas Hujan Tinggi, Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Turun

Rhobi Shani    •    Rabu, 12 Oct 2016 12:41 WIB
cuaca buruk
Intensitas Hujan Tinggi, Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Turun
Ilustrasi. Foto: Antara/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Jepara: Kunjungan wisatawan ke kepulauan Karimunjawa mengalami penurunan. Itu seiring tingginya curah hujan yang turun di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Penurunan jumlah wisatawan mencapai 50 persen.

Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupatn Jepara, Sutana, menyampaikan penurunan wisatawan mulai terjadi sejak sepekan lalu. Itu nampak dari penurunan jumlah penumpang kapal yang menyebrang ke Karimunjawa.

"Setiap kali berangkat penumpang Express Bahari bisa sampai di atas 200 orang. Sejak seminggu terakhir paling hanya 60 orang. Itu pun tidak semuanya wisatawan," ujar Sutana, Rabu (12/10/2016).

Penyebab menurunnya jumlah pengunjung tersebut, Sutana menduga lantaran cuaca buruk. Ditambah curah hujan cukup tinggi sejak beberapa waktu lalu. Sehingga tak banyak wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa.

"Meski begitu kami tidak mengubah jadwal. Kapal masih tetap berlayar karena prinsip pelabuhan salah satunya berkaitan dengan ketetapan dan ketepatan jadwal," kata Sutana.

Berkait dengan kondisi gelombang laut, Sutana menambahkan, saat ini masih aman. Tinggi gelombang hanya di angka 0,1 hingga 0,5 meter dengan kecepatan angin 1-15 knot. Kondisi ini berbeda dengan prediksi pekan lalu. Dimana, kecepatan angin diperkirakan  mencapai sampai 30 knot.

"Gelombang baru sedikit terasa kalau sudah mau memasuki perairan Karimunjawa karena ini masih musim angin timur," kata Sutana.

Pengelola biro perjalanan wisata ke Karimunjawa, Djati Utomo, mengatakan memasuki musim penghujan banyak calon wisatawan yang membatalkan rencana berlibur ke Karimunjawa. Alasannya, wisatawan takut terjebak cuaca buruk.

"Kalau cuaca buruk, gelombang tinggi dan pelayaran berhenti semua," ucap Djati.


(UWA)