Warga Semarang Bangga Punya Bandara Megah

Mustholih    •    Rabu, 06 Jun 2018 09:29 WIB
infrastrukturbandara
Warga Semarang Bangga Punya Bandara Megah
Pekerja menyelesaikan pembangunan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. (ANT/Akbar Nugroho Gumay)

Semarang: Citilink Qg 140 menjadi pesawat asal Jakarta yang mendarat pertama kali di terminal baru Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah penumpang pesawat termasuk calon gubernur Jateng, Sudirman Said, memberikan kesannya seputar pendaratan perdana di terminal baru Bandara Ahmad Yani.

"Kita bersyukur sekali Semarang punya terminal baru yang sudah lama sekali ditunggu masyarakat. Karena sudah padat, sudah tidak layak sebenarnya terminal lama," kata Sudirman Said di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 6 Juni 2018.

Sudirman berangkat dari Jakarta pukul 05.15 WIB. Dia mengaku tidak tahu bakal menjadi salah satu orang yang turut merasakan sensasi operasional perdana terminal baru Bandara Ahmad Yani. 

"Ini kan masih belum sempurna tapi memang harus dicoba. Apalagi jelang mudik, arus pasti lebih besar," ujar Sudirman.

Sudirman berharap kehadiran terminal baru bisa mendorong ekonomi Jateng lebih maju. "Mudah-mudahan akan menjadi pendorong perekonomian. Karena ini bandara terbesar di Jateng dan pindah ke sini akan lebih nyaman dan pelayanan lebih baik," ungkapnya.

Penumpang Citilink yang lain, Supriyono, menilai terminal baru Bandara Ahmad Yani punya desain yang bagus. Sebagai warga asli Semarang, dia mengaku bangga kotanya punya bandara megah.

"Bangga. Ya lebih baik dari terminal lama," ujar pria yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Katolik Sugiyapranata tersebut.

Anggota Komisi IV DPR Bowo Sidik Pangarso mengatakan, Jateng akhirnya punya bandara yang besar. "Walaupun belum sempurna tapi itu sudah berjalan sesuai diharapkan," ungkap Bowo.

Dalam operasional perdana itu, pesawat Garuda GA 231 menjadi pesawat perdana yang berangkat dari terminal baru Bandara Ahmad Yani. Pesawat Garuda itu bertolak dari Semarang tujuan Jakarta tepat pada pukul 06.00 WIB. Lalu 20 menit berselang, atau 06.20 WIB, terminal baru Bandara Ahmad Yani menerima pendaratan perdana pesawat Citilink Qg 140 yang bertolak dari Jakarta.


(LDS)