Hanya Dua Kabupaten di Jateng Aman dari Banjir

Mustholih    •    Senin, 06 Nov 2017 20:29 WIB
bencana banjir
Hanya Dua Kabupaten di Jateng Aman dari Banjir
Ilustrasi banjir, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Hampir semua wilayah di Jawa Tengah rawan banjir pada musim hujan di akhir tahun. Kabupaten Magelang dan Boyolali menjadi dua daerah yang relatif aman dari terjangan air hujan.

"Hitungan dari kami tak jauh berbeda dengan BPBD Jateng. sekitar 30 daerah di Jateng yang rawan banjir,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Jawa Tengah, Prasetyo Budie Yuwono, usai diskusi Pengendalian Banjir, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 6 November 2017.

Menurut Prasetyo, banjir sebenarnya sudah biasa terjadi di Jateng. Banjir hampir setiap tahun melanda Jateng karena struktur tanah si provinsi ini berada di wilayah cekungan air tanah (CAT). "Jadi semua daerah bisa dikatakan rawan banjir, kecuali mungkin Magelang dan Boyolali," jelas Prasetyo.

Prasetyo menambahkan populasi masyarakat Jateng yang setiap tahun terus bertambah turut andil dalam terjadinya banjir. Pemerintah Provinsi Jateng sudah berupaya mengelola banjir dari aspek teknia maupun non-teknis. "Dari segi teknis kami melakukan normalisasi sungai, memperkuat tanggul, dan membuat embung. Sedang non-teknis, kami mengajak masyarakat untuk peduli kebersihan sungai,” tutur Prasetyo.


(RRN)