Gunungkidul Masih Kekurangan 41 Ribu Blangko KTP-el

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 02 Oct 2017 13:21 WIB
e-ktp
Gunungkidul Masih Kekurangan 41 Ribu Blangko KTP-el
Ilustrasi KTP-el/ANT/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Pemenuhan identitas penduduk berupa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) tak kunjung selesai. Di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kebutuhan blangko KTP-el masih sekitar 41 ribu keping. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, kebutuhan blangko KTP-el di wilayahnya ada sekitar 46 ribu keping. Namun, Eko mengaku sudah mengambil blangko KTP-el sebanyak 5.000 keping pada pekan lalu. 

"Blangko itu diantaranya 2.000 keping kami ambil dari Pemerintah DIY, sisanya sebanyak 3.000 keping diambil langsung dari Jakarta. Kami akan segera lakukan pencetakan," ujar Eko di Gunungkidul pada Senin, 2 Oktober 2017. 

5.000 blangko KTP-el yang sudah diambil itu masih jauh dari kebutuhan keseluruhan yakni sekitar 41 ribu keping. Adapun 5.000 blangko tersebut diperuntukkan kepada warga yang melakukan perekaman data pada November 2016 lalu. KTP-el yang sudah dicetak segera didistribusikan ke kecamatan masing-masing. 

"Kekurangan blangko KTP-el masih menunggu pemerintah pusat. Infonya lelang pengadaan blangko sudah selesai. Pabrik tingga mengirimkan," ucapnya. 

Dalam catatan Eko, 97,5 persen dari 570 ribu wajib KTP-el di Gunungkidul sudah melakukan perekaman. Kurang dari dua persen diantaranya merupakan penduduk usia lanjut dan sebagian sakit. 

Menurutnya, warga yang telah melakukan perekaman hanya diberikan surat keterangan sebagai pengganti KTP El. Surat tersebut berlaku selama enam bulan. "Kalau ini semua selesai, warga pemegang KTP-el dari warga wajib KTP berarti sudah 100 persen," ungkapnya. 


(ALB)