Mayat Bayi Ditemukan dalam Tumpukan Sampah di Yogya

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 21 Apr 2016 12:55 WIB
mayat bayi
Mayat Bayi Ditemukan dalam Tumpukan Sampah di Yogya
Lokasi penemuan mayat bayi di Jalan Ahmad Yani, Kota Baru, Yogyakarta. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Karyadi, 44, petugas sampah di Yogyakarta menemukan mayat bayi, Kamis (21/4/2016). Mayat bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di dalam kardus di sebuah tempat sampah di Jalan Ahmad Yani, Kota Baru, sekira pukul 8.30 WIB.

Karyadi menjelaskan, penemuan mayat bayi itu bermula saat ia hendak memasukkan sampah ke mobil pengangkut. Saat mengangkat sebuah kardus yang dianggap sampah itu, Karyadi merasakan keanehan lantaran terasa cukup berat.

Karena curiga, teman-temannya yang juga petugas pengangkut sampah meminta Karyadi membuka kardus itu. Setelah dibuka, mereka baru mengetahui bahwa di dalam kardus itu berisi mayat bayi.

"Kondisi (mayat bayi) di bagian kepala dililiti kain. Ada lengkap dengan ari-arinya," kata dia.

Usai penemuan itu, Karyadi dan rekannya melapor ke polisi terdekat. Tak lama berselang, polisi mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan olah TKP.

Kepala Polsek Gondokusuman, AKP Eko Basunando mengungkapkan, masih melakukan penyidikan peristiwa tersebut. Penyidikan untuk mengidentifikasi apakah keadaan mayat bayi mengalami penyiksaan atau tidak.

"Kita masih mencari saksi-saksi dan mendalami asal muasal (mayat) bayi. Kemungkinan saat dibuang baru saja dilahirkan," kata Eko.

Dokter Puskesmas Gondokusuman yang melakukan pemeriksaan, Henny Cloridina menduga bayi tersebut dilahirkan tanpa bantuan petugas kesehatan. Namun, ia tak bisa memastikan penyebab kematiannya.

"Saat (mayat bayi) ditemukan diikat celana dalam di daerah leher sama mulut. Sedangkan kaos kaki menutup kepala," ucapnya.

Akan tetapi, Henny memperkirakan, bayi itu meninggal akibat kekurangan oksigen. "Waktu kematiannya sekitar enam jam karena belum terlihat tanda lebam," jelasnya.


(SAN)