Hujan Lebat, Rentetan Longsor Terjadi di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Sabtu, 12 Nov 2016 12:08 WIB
longsor
Hujan Lebat, Rentetan Longsor Terjadi di Yogyakarta
Ilustrasi. Foto: MI/Djoko Sardjono

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hujan lebat yang mengguyur wilayah Yogyakarta beberapa hari terakhir mengakibatkan beberapa wilayah di bantaran sungai mengalami longsor berskala kecil.

Kepala BPBD DIY Krido Supriyanto mengatakan longsor kecil terjadi akibat tergerusnya daerah bantaran sungai.

"Hujan lebat mengakibatkan peningkatan debit air sungai. Sayangnya sungai-sungai tak mampu mengalirkan air dengan lancar sehingga menggerus daerah di sekitarnya," ujarnya, di Yogyakarta, Sabtu (12/11/2016).

Daerah yang mengalami longsor kecil di antaranya daerah bantaran sungai di barat Terminal Jombor. Longsor kecil ini mengakibatkan sebuah warung hanyut. "Peristiwanya terjadi kemarin. Tapi sekarang masyarakat sudah bahu membahu menanganinya," katanya.

Sementara itu, pantauan dari Pusat pengendalian Operasi BPBD DIY, wilayah yang mengalami longsor antara lain di Duwet, Sendangdari, Mlati Sleman, Jembatan baru UGM, Sungai Pelang di Sardonoharjo, Nganglik Sleman. Serta kawasan Purwomartani, Kalasan, dan Sinduadi.

Petugas Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD DIY Wahyu Wibabanto menjelaskan longsor skala kecil ini mengakibatkan beberapa jembatan rusak dan ratusan rumah warga terendam banjir.

"Banjir di Jombor kemarin mengakibatkan dua RT terendam banjir. Sekitar 100 rumah warga kemasukan genangan air," katanya.

BPBD DIY memperkirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari 2017. Masyarakat diminta bersiap dan waspada saat beraktivitas di luar rumah.

 


(UWA)