Penjualan Tiket Kereta Jelang 212 Normal

   •    Selasa, 29 Nov 2016 11:01 WIB
unjuk rasa
Penjualan Tiket Kereta Jelang 212 Normal
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Purwokerto: Penjualan tiket kereta api dari Purwokerto, Jawa Tengah tujuan Jakarta, masih stagnan. Tidak ada peningkatan signifikan dari perjalanan kereta menuju Ibukota.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko, bilang, tidak ada peningkatan berarti jelang aksi 2 Desember (212).

Baca: Pemkab Banyumas Larang Angkutan Umum Bawa Demonstran ke Jakarta

Ini terpantau, kata Ixfan, dari sistem tiket PT KAI pada Selasa, 29 November, pukul 07.00 WIB. Tiket kereta api yang berangkat dari Purwokerto tujuan Jakarta pada 30 November dan 1 Desember masih cukup banyak.

Dalam hal ini, kata dia, keberangkatan pada tanggal 30 November untuk KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir masih tersedia 268 tempat duduk. KA Serayu Malam relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen masih tersedia 519 tempat duduk.

KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo-Pasarsenen masih tersedia 287 tempat duduk. Selanjutnya, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen masih tersedia 455 tempat duduk.

Sedangkan KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Pasarsenen masih tersedia 532 tempat duduk, dan KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo-Pasarsenen masih tersedia 404 tempat duduk.

Baca: 1.720 Personel Siaga di Simpul Solo-Jakarta

Sementara itu, keberangkatan pada 1 Desember, KA Purwojaya masih tersedia 324 tempat duduk, KA Serayu Malam tersedia 516 tempat duduk), KA Sawunggalih Pagi tersedia 354 tempat duduk.

Selanjutnya, KA Serayu Pagi masih tersedia 527 tempat duduk, KA Kutojaya Utara tersedia 534 tempat duduk, dan KA Sawunggalih Malam tersedia 454 tempat duduk.

"Untuk KA dari daop lain tujuan Jakarta yang melintas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada tanggal 30 November maupun 1 Desember, yakni KA Bengawan dan KA Gaya Baru telah terjual habis, sedangkan untuk KA kelas komersial rata-rata masih tersedia sekitar 65 persen," kata Ixfan, dikutip Antara, di Purwokerto, Banyumas, Jateng.

Baca: Aksi 2 Desember, 25 Bus Bakal Angkut Ribuan Orang Solo ke Jakarta

KA Bengawan memiliki relasi Purwosari-Pasarsenen. Sedangkan, relasi KA Gaya Baru meliputi Surabayagubeng-Pasarsenen. Habisnya tiket dua kereta itu lantaran okupansi penumpang selalu tinggi.

"Dengan melihat data tersebut, jumlah penumpang tujuan Jakarta untuk kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto menjelang Aksi 212 tidak mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, cenderung normal seperti hari-hari biasa," katanya.


(SAN)