Satgas Mafia Pangan Jepara Gelar Operasi di Pasar Tradisional

Rhobi Shani    •    Kamis, 18 May 2017 15:19 WIB
pangan
Satgas Mafia Pangan Jepara Gelar Operasi di Pasar Tradisional
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jepara: Tim Satgas Mafia Pangan Jepara menggelar gelar operasi barang-barang kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional. Operasi yang dilakukan selama dua hari itu itu belum menemukan permainan harga, kelangkaan barang, dan barang-barang kebutuhan pangan yang dipalsukan.
 
Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara Adhi Nugroho menyampaikan, pihaknya mengambil contoh beberapa bahan makanan untuk diperiksa di laboratorium. Pemeriksaan dilakukan untuk mengatahui apakah barang makanan yang dijual mengandung bahan-bahan yang berbahaya atau tidak.

"Yang kami ambil contoh bahan-bahan makanan yang diawetkan, seperti ikan asin. Saat ini masih diperiksa dilaboratorium, belum diketahui hasilnya," kata Adhi di Jepara, Jawa Tengah, Kamis 18 Mei 2017.

Selain mengambil contoh bahan makanan, lanjut Adhi, Satgas Mafia Pangan juga memastikan kelancaran distribusi barang. Mereka pun mengecek ketersedian bahan pangan.

"Harga masih normal. Ada kenaikan, tapi masih wajar. Contohnya, beras premium, naik Rp500 per kilogram," jelas Adhi.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Jepara Sutarno menambahkan, Satgas Mafia Pangan hari ini bergerak ke pasar tradisional di wilayah Jepara selatan. Di antaranya Pasar Pecangaan, Welahan, dan Pasar Mayong.

"Besok pagi di Pasar Jepara Kota. Hasilnya akan kami laporkan ke pimpinan. Selanjutnya, akan diambil tindakan lanjutan," pungkas Sutarno.


(NIN)