BPBD Kesulitan Pasok Air Bersih ke Karimunjawa

Rhobi Shani    •    Selasa, 18 Jul 2017 15:43 WIB
kekeringan
BPBD Kesulitan Pasok Air Bersih ke Karimunjawa
Warga di Jepara mendapat bantuan air bersih, namun yang di kepulauan Karimunjawa sulit diakses. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Kekeringan tidak hanya melanda dan mengintai wilayah daratan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tapi juga di wilayah kepulauan Karimunjawa. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terkendala jarak dan akses untuk memasok air bersih.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jepara, Jamaludin menyampaikan, krisis air bersih rawan melanda Desa Kemujan kepulauan Karimunjawa. Guna antisipasi dan solusi krisis air bersih di wilayah kepulauan tersebut adalah pembuatan sumur.

"Kami masih sulit melakukan penanganan apalagi droping air," ujarnya, Selasa 18 Juli 2017.

Baca: BPBD Jepara Siapkan Rp22 Juta untuk Pasok Air Bersih

Jamaludin bilang, untuk pembuatan sumur itu pihaknya sudah mengajukan anggaran Dana Siap Pakai dari BNPB pusat untuk pembuatan sumur. Anggaran yang diajukan sebesar Rp200 juta. Selain membuat sumur, anggaran itu untuk pembuatan menara air dan pipanisasi.

"Nanti sumur yang mengelola pihak desa karena mereka yang tahu persis soal teknis di sana," kata Jamaludin.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Jepara sudah menerima permohonan pengiriman air bersih dari dua desa di daratan Jepara. Anggaran sebesar Rp22 juta disiapkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.


(SAN)