Besok, Presiden Resmikan Pasar Klewer

Pythag Kurniati    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:00 WIB
pasar klewer bangkit
Besok, Presiden Resmikan Pasar Klewer
Pasar Klewer yang besok diresmikan oleh Jokowi.--MTVN.

Metrotvnews.com,Solo: Setelah terbakar pada akhir 2014, pembangunan Pasar Klewer saat ini telah 100 persen rampung. Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Pasar Klewer pada Jumat, 21 April 2017, tepat pada saat perayaan Hari Kartini.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, peresmian Pasar Klewer di hari lahir Kartini diihktiarkan membawa semangat emansipasi wanita. Apalagi, mayoritas pedagang di sana perempuan. 

"Perempuan bisa menggerakkan perekonomian. Artinya ibu-ibu disini bisa membawa semangat Kartini untuk kembali menghidupkan Pasar Klewer setelah terbakar,” kata Rudy, Kamis, 20 April 2017.

Setelah diresmikan, pasar sandang terbesar di Jawa Tengah tersebut diharapkan mampu menggerakkan kembali perekonomian serta membawa banyak manfaat seperti sedia kala. “Ibaratnya seperti yang ditulis Kartini, habis gelap terbitlah terang. Habis terbakar kembali bersinar,” kata dia

Pasar Klewer terbakar pada 27 Desember 2014. Pembangunannya dibagi menjadi dua tahap dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah tahun. Pembangunan Pasar Klewer menelan anggaran hampir Rp200 miliar dari pusat dan daerah.

Pasar Klewer dibangun empat lantai yakni lantai basement, semi-basement, lantai satu dan lantai dua. Peresmian akan didahului kirab boyongan pedagang dari pasar darurat (alun-alun utara) menuju Pasar Klewer pada Jumat, 21 April 2017 pagi.

Selain meresmikan Pasar Klewer, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan meninjau Pabrik PT. Sritex dan menyerahkan sertifikat prona di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.


(ALB)