Besok, Diprediksi Puncak Penjualan Hewan Kurban di Jepara

Rhobi Shani    •    Selasa, 29 Aug 2017 16:10 WIB
hewan kurban
Besok, Diprediksi Puncak Penjualan Hewan Kurban di Jepara
Tempat berjualan hewan kurban di Jepara, MTVN - Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Penjualan hewan kurban di Jepara, Jawa Tengah, mulai meningkat menjelang Iduladha 1439 Hijriah. Dalam dua hari terakhir, ratusan kambing laku dijual di kawasan Stadion Kamal Junaidi Jepara.

Maryanto, pedagang hewan kurban, mengatakan ia menjual 46 ekor kambing sejak dua hari lalu. Rekan-rekannya pun menjual puluhan ekor kambing.

“Sejak hari Minggu kemarin mulai ramai. Ini kambing saya tinggal tujuh ekor,” ujar Maryanto saat ditemui di lapaknya.
 
Maryanto bilang, kambing yang dijualnya dibandrol beragam. Mulai Rp2 juta hingga Rp3,5 juta. Pembeli tidak hanya masyarakat dari kawasan Jepara kota, tapi juga banyak dari kawasan pinggiran kota seperti Kecamatan Mlonggo dan Kecamatan Kedung.
 
“Kambing-kambing yang sudah dibeli memang tidak langsung dibawa, tapi dititipkan dulu disini, makanya jadi kelihatan masih banyak. Tapi sebetulnya sudah laku dan tinggal sedikit,” beber Maryanto.
 
Senada juga disampaikan Sutiyono, pedagang hewan kurban lainnya. Sejak dua hari lalu, dari 40 ekor kambing jenis Randu Jawa, sudah terjual lebih dari 20 ekor. Meski kambing dagangan tinggal sedikit, Sutiyo mengaku akan membuka lapaknya sampai hari raya Idul Adha.  Sebab, berdasar tahun-tahun sebelumnya, pada hari H masih banyak calon pembeli yang mencari hewan kurban.
 
“Biasanya yang sudah langganan setiap tahun. Kemungkinan puncak penjualan hewan kurban besok atau Kamis,” ungkap Sutiyono.
 


(RRN)