Satgas Pangan Jepara Temukan Borax pada Makanan

Rhobi Shani    •    Jumat, 19 May 2017 14:21 WIB
bahan pokok
Satgas Pangan Jepara Temukan Borax pada Makanan
Operasi pasar oleh Satgas Pangan di pasar tradisional di Jepara

Metrotvnews.com, Jepara: Satgas Pangan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menemukan makanan mengandung zat berbahaya, seperti Borax, di sejumlah pasar tradisional. Tim juga menemukan makanan tak berizin dan kedaluwarsa.
 
Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara, Selamet Riyadi, menyampaikan, zat berbahaya ditemukan pada mi basah yang dijual di Pasar Mayong. Sedangkan di Pasar Welahan, Satgas menemukan bakso dan kerupuk mengandung pewarna.
 
“Pantauan di pasar tradisional ini untuk mengantisipasi beredarnya makanan yang tidak layak konsumsi dan berbahaya bagi konsumen. Kami ambil sampel untuk makanan yang terindikasi zat kimia berbahaya untuk dilakukan uji laboratorium,” ujar Selamet, Jumat 19 Mei 2017.

Sulastri, pedagang di Pasar Mayong, mengaku, tak semua pedagang punya kemampuan mengecek apakah dagangan mereka layak konsumsi atau tidak. Sebagian besar barang yang dijual langsung dari distributor. “Kami hanya menjual."

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Jepara Sutarno menambahkan, sejak dua hari lalu Satgas Pangan menyambangi sejumlah pasar tradisional. Hari ini, Satgas Pangan bergerak ke Jepara Satu.
 
“Selama dua hari menggelar operasi bersama, tim belum menemukan kenaikan harga barang yang menyolok. Hanya saja, ada beberapa contoh makanan yang kami bawa untuk diperiksa di laboratorium karena diduga mengandung pengawet,” ungkap Sutarno.

Satgas Pangan terdiri dari Disperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Satpol PP, Polri, serta TNI melakukan pantauan harga dan stok barang kebutuhan pangan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jepara. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya makanan yang tidak layak konsumsi dan mengandung bahan berbahaya.


(ALB)