2.500 Personel Siaga Jaga Candi Borobudur

Mustholih    •    Selasa, 05 Sep 2017 19:53 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
2.500 Personel Siaga Jaga Candi Borobudur
Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono (kiri) bersama bersama Asops Kapolri Irjen Iriawan (kedua dari kiri) usai rapat pengamanan aksi #SaveRohingya. Foto: MTVN/Mustholih

Metrotvnews.com, Semarang: Polri-TNI bakal mengerahkan pasukan sebanyak 25 satuan setingkat kompi (SSK), atau setidaknya 2.500 persenel, di kawasan Candi Borobudur, Magelang. Mereka diterjunkan agar kawasan tersebut tetap steril dari aksi massa #SaveRohingya.

"Polda Jateng siapkan pasukan 22 SSK dan mendapat tambahan dari TNI 3 SSK. Jadi seluruh pasukan yang dikerahkan sebanyak 25 SSK," kata Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono usai rapat koordinasi bersama Mabes Polri di Polda Jateng, Semarang, Selasa 5 September 2017.

Menurut Condro, area Candi Borobudur juga akan ditingkatkan statusnya menjadi siaga satu sejak Kamis (7/9) hingga Sabtu (9/9). Ribuan personel gabungan bakal disebar di ring satu hingga ring tiga Candi Borobudur.
"Yang jelas, massa tidak akan bisa masuk ring satu, kawasan Candi Borobudur (harus) steril," tegas Condro.

Baca: Aksi Bela Rohingya Dipindah ke Masjid An-Nur

Condro menegaskan, aksi #SaveRohingya tidak diizinkan untuk digelar di salah satu warisan budaya Indonesia tersebut. Alasannya, Candi Borobudur merupakan situs warisan dunia yang sudah ditetapkan sebagai objek vital nasional.

Tidak hanya soal budaya, candi yang dibangun di abad ke-9 ini juga jadi penghidupan masyarakat setempat. Aksi demonstrasi yang dilakukan di salah satu tempat tujuan wisata dunia ini dinilai Condro kontraproduktif.

"Sangat kontraproduktif kalau empati kita kepada Rohingya diselenggarakan di Borobudur," pungkas Condro.

Aksi #SaveRohingya akan diselenggarakan pada Jumat, 8 September 2017 dan diklaim bakal didukung 200 organisasi massa. Rencana awal, aksi ini akan mendatangi Candi Borobudur

Aksi mengutuk kejahatan kemanusiaan ke etnis Rohingnya ini dimulai dengan salat berjemaah di masjid dekat Borobudur. Massa bakal longmars dan mengenakan pakaian bernuansa putih. Namun, kegiatan tersebut dipindah.

 


(SUR)