Jateng Sudah Tiga Tahun Menerapkan Samsat Online

Rhobi Shani    •    Selasa, 12 Sep 2017 17:10 WIB
pajak kendaraan
Jateng Sudah Tiga Tahun Menerapkan Samsat <i>Online</i>
Kantor Samsat Jepara, Jateng -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Sejak tiga tahun terakhir, pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah bisa dilakukan secara online. Sistem ini terbukti mampu mendongkrak ketaatan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Ponidi menjelaskan, sistem pembayaran pajak secara online hanya bisa dilakukan di wilayah Jawa Tengah. "Tapi, kalau antarprovinsi sampai saat ini belum ada pembicaraan," kata dia di Jepara, Selasa 12 September 2017.

Ponidi yakin, pembayaran pajak secara online dapat mendongkrak kesdaran masyarakat membayar pajak kendaraan. Pasalnya, saat ini banyak kendaraan dari luar provinsi di Kabupaten Jepara.

Guna meningkatkan ketaatan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, lanjut Ponidi, juga diluncurkan program Samsat keliling, Samsat paten, dan Samsat pembantu. "Samsat paten ada di Kecamatan Mayong. Sedangkan, dua Samsat keliling ke kecamatan-kecamatan. Satu Samsat pembantu berada di Kepulauan Karimunjawa," bebernya.

Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Jepara Endang Susilowati mengungkapkan hal senada. Sistem pembayaran pajak kendaraan secara online terbukti mampu menekan angka tunggakan pajak kendaraan bermotor.

"Kenaikan pastinya berapa persen kami belum menghitung, yang pasti ada kenaikan," tandas Endang.

 


(NIN)