Aktivitas Penerbangan Bandara Adisutjipto Ditutup Satu Jam

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 27 Jul 2017 10:10 WIB
penerbangan
Aktivitas Penerbangan Bandara Adisutjipto Ditutup Satu Jam
Suasana di Bandara Adisucipto Yogyakarta, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Sleman: Otoritas Bandara Adisutjipto Sleman, Yogyakarta, menutup sementara aktivitas penerbangan selama satu jam pada Kamis, 27 Juli 2017. Sebab otoritas tengah melakukan pelatihan di landasan pacu.

Menurut Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Liza Anindya, aktivitas bandara tetap berjalan. Namun aktivitas penerbangan ditutup sementara mulai pukul 9.30. 

"Run away bisa dipakai sekitar pukul 11.00 WIB," ujar Liza di Yogyakarta. 

Liza menjelaskan penutupan aktivitas di landasan itu karena sedang dilakukan tiga jenis latihan. Pertama, kata dia, penanggulangan kebakaran gedung. Ia mengungkapkan skenarionya yakni kebakaran cargo. 

Kedua yakni latihan penanggulangan kecelakaan pesawat. Dan ketiga, simulasi apabila ada hal yang membahayakan keselamatan penerbangan di lingkungan bandara. Simulasi latihan ketiga seperti terjadi demonatrasi di lingkungan bandara. 

"Tujuan latihan ini untuk melatih kesiapan kita dalam menaggulangi darurat di bandara. Tujuannya jadi kita bisa melakukan pencegahan. Bisa kita antisipasi dengan melihat ini," ujarnya. 

Liza mengaku sudah menginformasikan kepada pemilik maskapai dan pengunjung bandara soal latihan itu dua pekan lalu. Tujuannya supaya maskapai bisa menyesuaikan jadwal penerbangan. 

"Imbauan kepada pengunjung bamdara agar tidak panik ketika ada latihan. Pemberitahuan kan sudah ada. Sudah terinformasikan dengan baik," ungkapnya. 

Liza belum bisa memastikan berapa jumlah maskapai yang menunda penerbangan dan pendaratan pesawat selama latihan berlangsung. "Bandara tetap operasional dan sudah menginformasikan agar maskapai bisa menyesuaikan," ujarnya. 



(RRN)