Jalur Alternatif Jakarta-Pemalang masih Rusak akibat Longsor

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 30 May 2017 19:17 WIB
mudik lebaran 2017
Jalur Alternatif Jakarta-Pemalang masih Rusak akibat Longsor
Ilustrasi longsor, Ant

Metrotvnews.com, Tegal: Longsor di jalur alternatif mudik dari Jakarta menuju ke Randu Dongkal Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, terjadi tiga bulan lalu. Namun hingga awal Ramadan 1438 Hijriah, kerusakan akibat longsor belum juga diperbaiki.

Longsor terjadi di dua titik di jalur Slawi menuju Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Badan jalan yang longsor mencapai panjang kurang lebih 5 meter.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Bambang Romdhon Irawan mengatakan lokasi longsor itu merupakan bagian dari jalur alternatif Pantai Utara (Pantura). Biasanya, bula jalan nasional di Klonengan Margasari, Kabupaten Tegal, macet, pemudik akan melintasi jalur tersebut. Jalur itu mengarah ke Purwokerto, Purbalingga, hingga Yogyakarta.

Namun ruas jalan itu longsor. Tepatnya di hutan jati yang berlokasi di Desa Capar dan Lebakwangi, Kecamatan Jatinegara. Hanya setengah sisi jalan yang bisa dilintasi. Namun kecelakaan berpotensi terjadi.

"Kalau malam hari juga gelap karena tidak ada penerangan jalan umum," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal itu, Selasa 30 Mei 2017.

Bambang berharap pemerintah dapat segera memperbaiki kerusakan itu mengingat arus mudik tinggal menghitung hari. Sementara jalur tersebut sangat bermanfaat untuk lolos dari kemacetan di wilayah Pantura.

"Ini jalur alternatif terdekat untuk menuju ke wilayah Kabupaten Purablingga, Pemalang, Purwokerto, dan Jogja. Jalannya juga sudah menggunakan rigit beton dari wilayah Slawi hingga Randudongkal, Pemalang," pungkasnya.


(RRN)