Mobil Balap Bimasakti UGM Siap Berlaga di Jepang

Patricia Vicka    •    Jumat, 18 Aug 2017 09:14 WIB
teknologi otomotif
Mobil Balap Bimasakti UGM Siap Berlaga di Jepang
Mobil Bimasakti bikinan mahasiswa UGM. Foto: UGM

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mobil Balap Bimasakti bikinan mahasiswa UGM siap berlaga dalam kompetisi internasional bertajuk Student Formula SAE 2017 di Shizuoka, Jepang. Mobil Bimasakti akan beradu dengan 114 tim dari berbagai dunia pada kompetisi 5-9 September 2017 mendatang.

"Kami ikut kompetisi dalam kelas Internal Combustion Vehicle (ICV)," tutur Ketua Tim Bimasakti UGM, Rifqi Taufik Al Hakim di UGM, Yogyakarta, kemarin.

Kompetisi ini adalah kali keenam UGM ikut berlaga. Dalam kompetisi ini, Tim Bimasaksi menargetkan masuk lima besar dalam Acceleration Event dan 20 besar dalam Autocross Event. Selain itu, UGM juga berharap dapat menyabet penghargaan Efficiency Event Awrad, Best Improvement Award, dan penghargaan lainnya.

Ia melanjutkan body dan mesin mobil Bimasakti BM 6 yang dipakai dalam perlombaan kali ini sudah dimodifikasi dengan inovasi terbaru dan menerapkan empat prinsip yakni ringan, gesit, efisien, dan ergonomi.  

"Body ringan didapatkan melalui bodywork serta aerodynamic devices yang terbuat dari carbon fibre reinforced plastic dan pengecilan roda menjadi 10 inci. Bersifat gesit dengan peningkatan performa mesin yang dilengkapi traction control, launch control, dan beragam modifikasi serta penggunaan teknologi telemetri," jelasnya.

Selain itu, mobil juga dikembangkan dengan prinsip efisien melalui penggunaan adjustable fuel mapping. Selanjutnya bersifat ergonomi dengan cockpit yang disesuaikan dengan postur pengemudi.

Dibutuhklan waktu sekitar 14 bulan untuk merancang, merakit, dan menyelesaikan mobil. Rifqy menambahkan, sejumlah kendala sempat ditemui saat merakit mobil, seperti kurangnya sumber daya riset yang lebih canggih dan kendala teknis seperti sulit menyalakan mesin dan rem kurang berfungsi baik.

Jika berhasil menyabet penghargaan, tim Bimasakti berencana ikut jenjang kompetisi Student Formula di Eropa seperti di Jerman atau Inggris.

Student Formula adalah sebuah kompetisi balap mobil rakit bergengsi yang menarik perhatian ratusan peserta akademisi dari seluruh dunia. Kompetisi ini melombakan balapan mobil rakitan karya mahasiswa dan presentasi proses pembuatan mobil balap.

Rektor UGM Panut Mulyono melepas keberangkatan mobil ini tepat di HUT ke-72 kemerdekaan RI. Pelepasan dilakukan di halaman Balairung UGM. Usai dilepas, tim segera menjajal mobil Bimasakti dengan memutari halaman Balairung.


(UWA)