Kenaikan Harga Kambing Jelang Iduladha tak Signifikan

Pythag Kurniati    •    Selasa, 22 Aug 2017 10:10 WIB
idul adha
Kenaikan Harga Kambing Jelang Iduladha tak Signifikan
Kambing kurban yang dijual di Pasar Kambing Semanggi, Solo, Jawa Tengah -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Jelang Iduladha, harga kambing di Solo, Jawa Tengah mengalami kenaikan. Namun, kenaikan harga kambing tidak signifikan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Naiknya sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per ekor," kata Moh. Alim, pedagang kambing di Solo, Selasa 22 Agustus 2017.

Alim menjelaskan, harga kambing untuk kurban tahun ini antara Rp1 juta hingga Rp3 juta. "Jenis yang dijual biasanya kambing jawa randu dan jawa kacang," lanjutnya.

Menurut Alim, kambing-kambung tersebut didatangkan dari berbagai daerah, seperti Wonogiri, Sragen dan Boyolali. Ia memastikan, stok kambing yang dijual mencukupi permintaan pasar untuk Iduladha.

"Berkaca dari tahun lalu, biasanya mulai ramai H-1 minggu," ujar dia.

Sementara itu, Pemerintah Kota Solo membentuk tim pengawasan hewan kurban. Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Solo Wenny Ekayanti mengungkapkan, tim akan bekerja pada H-7 hingga H+3 Iduladha.

"Tim mengawasi mulai dari tempat penjualan hingga tempat-tempat penyembelihan hewan kurban," kata Wenny.

Tim, lanjut Wenny, bakal memeriksa kesehatan hewan kurban, lingkungan, cara penyembelihan, hingga pembuangan limbah. Tim pengawas diterjunkan di tiap-tiap kecamatan di Solo.

Merujuk beberapa temuan tahun lalu, masih banyak hewan kurban yang sakit. "Seperti berengan dan sakit mata. Tahun ini akan kami awasi lagi," jelas dia.


(NIN)