Pesta Budaya Pelantikan Gubernur DIY Digelar di Enam Titik

Patricia Vicka    •    Kamis, 12 Oct 2017 16:56 WIB
pelantikan gubernuryogyakarta
Pesta Budaya Pelantikan Gubernur DIY Digelar di Enam Titik
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pesta budaya untuk merayakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur DIY akan digelar serentak di enam titik pada 20-21 Oktober 2017. Pesta diisi dengan kenduri (perjamuan makan besar), doa bersama, dan pertunjukan budaya.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata DIY Wardoyo mengatakan, kenduri diadakan sebagai simbol ucapan syukur warga Yogyakarta. "Sekaligus simbol jika masyarakat turut mangayu bagyo (berbahagia) atas pelantikan kedua pemimpin," kata dia di Yogyakarta, Kamis 12 Oktober 2017.

Wardoyo menjelaskan, kenduri di enam titik masing-masing memiliki nama. Kenduri bagi warga pesisir dilakukan di Laguna Pantai Depok, Bantul. Kenduri ini diberi nama Kenduri Segoro.

"Akan ada parade bregodo (prajurit) keraton dan parade sepeda onthel. Juga akan ada perahu hias. Acara ditutup dengan pagelarang wayang," jelasnya.

Kenduri kedua digelar di Gunung Api Purba Ngelanggeran, Kabupaten Gunungkidul. Kenduri ini bernama Kenduri Gunung yang mewakili masyarakat pegunungan.

Selanjutnya, Kenduri Pedusunan yang mewakili masyarkat desa. Kenduri ini digelar di sekitar Candi Banyunibo, Kabupaten Sleman.

Keempat, Kenduri Tlogo yang digelar di Waduk Sermo, Kulon Progo. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di sekitar sumber air.

"Kelima adalah Kenduri Wolo yang diadakan di Hutan Pinus Mangunan, Kabupaten Bantul. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di sekitar hutan," tutur Wardoyo.

Terakhir, Kenduri Kutonegoro yang digelar di depan Kantor Kepatihan, Jalan Malioboro. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Sekretaris Daerah Pemda DIY Gatot Saptadi menambahkan, Pemda DIY juga akan mengadakan tasyakuran dan mujahadah. Keduanya digelar di Puro Pakualaman dan Keraton Yogyakarta.


(NIN)