Warga Bisa Gunakan Aplikasi untuk Pantau Keberadaan Trans Jogja

Patricia Vicka    •    Selasa, 24 Oct 2017 19:21 WIB
transportasi
Warga Bisa Gunakan Aplikasi untuk Pantau Keberadaan Trans Jogja
Sebuah Trans Jogja melintasi jalan di Kota Yogyakarta, Selasa 24 Oktober 2017, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Warga Yogyakarta bisa memantau keberadaan bus Trans Jogja melalui aplikasi di handphone. Sehingga warga dapat memperkirakan waktu tiba Trans Jogja sebelum menggunakannya sebagai alat transportasi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Unit Pelakasana Teknis (UPT) Trans Jogja Dinas Perhubungan DIY, Arief Rachman Hakim, mengatakan perusahaan telekomunikasi Moovit Indonesia tengah menyempurnakan aplikasi itu. Perusahaan tersebut mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Dinas Perhubungan DIY sejak dua tahun lalu.

"Sebenarnya sekarang sudah bisa dipakai aplikasinya. Tapi belum kami luncurkan resmi karena masih dalam tahap  penyempurnaan dan perbaikan sistem,"ujar Arif di kantornya, Selasa 24 Oktober 2017.

Arief menjelaskan, melalui aplikasi itu, warga bisa mendapatkan informasi rute dan keberadaan Trans Jogja. Warga pun dapat mengetahui halte yang terdekat dengan pergerakan bus.

"Ini semacam aplikasi onlinenya Trans Jogja. Warga yang mau naik Trans Jogja bisa pilih mau naik dari halte yang mana dan mulai menunggu dari jam berapa. Di tahap awal baru jalur 3 ke atas yang bisa dipantau. Kalau jalur 1A, 1B, 2A, 2B belum bisa," jelasnya
  
Moovit bukanlah hal baru di Indonesia. Aplikasi ini sudah banyak digunakan warga Ibukota. Selain sebagai pemantau kendaraan umum, Moovit juga bisa dipakai sebagai GPS petunjuk jalan ke sebuah lokasi. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google play Store. Pemda DIY menargetkan aplikasi ini diluncurkan paling lambat awal 2018.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini warga tak perlu lama mengantri dan menunggu Trans Jogja di halte. lamanya waktu tunggu antar bus kerap menjadi faktor keengganan masyarakat menaiki Trans Jogja. Akibatnya warga memilih beralih ke angkutan online untuk mobilisasi.


(RRN)