Libur Natal dan Tahun Baru

Tiga Objek Wisata di DIY Rawan Kecelakaan

Patricia Vicka    •    Kamis, 21 Dec 2017 15:47 WIB
objek wisatanatal dan tahun baru
Tiga Objek Wisata di DIY Rawan Kecelakaan
Wisatawan menikmati suasana sore di atas Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta -- ANT/Hendra Nurdiyansyah

Yogyakarta: Hujan deras diprediksi mengguyur seluruh wilayah Yogyakarta, sehingga membuat jalanan menjadi licin dan rawan longsor. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata alam di Yogyakarta diimbau waspada dan berhati-hati.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Riyanta mengatakan ada tiga lokasi wisata yang rawan kecelakaan. Masing-masing yaitu Tebing Breksi di Sleman, kawasan Mangunan di Bantul, dan obyek wisata Kalibiru di Kulon Progo.

"Lokasi ketiganya ada di kawasan dataran tinggi. Jalan menuju kesana juga sempit, licin, dan naik cukup terjal. Pengamatan kami, ketiga objek wisata tersebut paling banyak dikunjungi selama tiga tahun terakhir," kata Aris di Yogyakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

Aris menjelaskan, jalan menuju Tebing Breksi masih berupa tanah liat yang diberi bebatuan dan pasir agar tidak licin. Lebar jalan juga tidak cukup luas untuk dilalui dua bus bersamaan.

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, lanjut Aris, pihaknya meminta kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Tebing Breksi mengatur lalu lintas wisatawan. "Misalnya, diatur kalau ada bus hendak naik, harus satu-satu. Tidak bisa sekaligus," jelasnya.

Alternatif kedua, pokdarwis diminta menyiapkan kendaraan yang lebih kecil untuk mengangkut rombongan. Bus bisa diparkir di suatu lokasi dan kemudian penumpangnya naik angkutan lebih kecil menuju lokasi wisata.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, Dinas Parisiwisata DIY membuka empat posko informasi. Sebanyak dua posko berada di kawasan Malioboro. Sisanya berada di Bandara Adisutjipto dan Stasiun Tugu.

"Petugas di posko akan membantu memberikan informasi lokasi wisata di DIY. Petugas juga bakal menyebarkan peta wisata. Posko ini dibuka hingga awal tahun depan," pungkas Aris.

Sebagai informasi, Libur Natal dan Tahun Baru kali ini, Dispar DIY menargetkan 4,5 juta wisatawan.


(NIN)