KM Dharma Kencana II Terbakar

Butuh Waktu 17 Jam untuk Sampai ke Pelabuhan Kumai

Mustholih    •    Minggu, 29 Oct 2017 15:28 WIB
kapal terbakar
Butuh Waktu 17 Jam untuk Sampai ke Pelabuhan Kumai
Ilustrasi -- ANT/R. Rekotomo

Metrotvnews.com, Semarang: Seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II dipindahkan ke KM Kirana I. Saat ini, KM Kirana I telah bertolak ke Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah.

"Informasi terkini, proses evakuasi penumpang sudah selesai pukul 13.30 WIB. KM Kirana I kemudian langsung menuju ke Pelabuhan Kumai," kata Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang Zulhawary, Minggu 29 Oktober 2017.

(Baca: Penumpang Kapal Terbakar di Karimunjawa Dievakuasi ke Pelabuhan Kumai)

Menurut Zulhawary, butuh waktu 17 jam perjalanan dari lokasi terbakarnya KM Dharma Kencana II menuju Pelabuhan Kumai. "Jadi, tidak benar kalau para penumpang sudah berada di Kumai," tegasnya.

KM Dharma Kencana II berangkat dari Semarang, Jawa Tengah menuju Pontianak, Kalimantan Barat pukul 17.00 WIB pada Sabtu 28 Oktober 2017. Kapal dilaporkan terbakar di posisi 47 mil barat laut Pulau Karimun Jawa pukul 04.15 WIB pada Minggu 29 Oktober 2017.

(Baca: Kronologi Terbakarnya KM Dharma Kencana II di Karimunjawa)

Berdasarkan manifest, KM Dharma Kencana II mengangkut 17 anak buah kapal (ABK) dan 149 penumpang, yang terdiri dari 144 dewasa, tiga anak-anak, serta dua bayi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

 


(NIN)