Kementerian Agama Bakal Gencarkan Pendidikan Pranikah

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 27 Oct 2017 21:02 WIB
pernikahan
Kementerian Agama Bakal Gencarkan Pendidikan Pranikah
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin prihatin dengan realita kawin-cerai yang makin marak. Bahkan, kebiasaan yang tidak baik itu justru sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat.

"Kawin-cerai bukan karena ketidakcocokan tapi sudah menjadi life style. Pernikahan itu sakral, tak hanya sesama manusia tapi juga dengan Tuhan," kata Lukman di Asrama Haji Yogyakarta, Jumat 27 Oktober 2017.

Hal ini terjadi karena minimnya pendidikan pranikah. Kementerian Agama pun tengah mengkaji program pendidikan pra nikah.

Lukman mengaku sudah melakukan studi ke banyak pihak. Pendidikan anak memang penting, tapi pendidikan orang tua dan calon orang tua tak kalah pentingnya.

"Anak yang baik tentu dari orang tua yang baik," kata dia

Kementerian Agama segera menggencarkan pendidikan pranikah mulai tahun depan. Ia menegaskan jika hal itu ditempuh bertujuan agar ketahanan keluarga bisa berjalan baik.

Menanggapi kabar seorang lelaki yang akan menikahi dua perempuan sekaligus di Sumatera Selatan, Menteri Lukman mengatakan hal itu tak bisa dibenarkan secara agama dan undang-undang pernikahan. Ia menyatakan akan melakukan pendekatan persuasif terhadap yang bersangkutan.

"Itu terjadi lebih karena keterbatasan wawasan. Kita akan coba lakukan pendekatan persuasif, Bahwa pernikahan tak bisa sekaligus seperti itu. Poligami harus sepersetujuan istri pertama," jelasnya.

 


(SUR)