Penetapan UMK Sidoarjo Ditunda Besok

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 02 Nov 2017 14:11 WIB
ump
Penetapan UMK Sidoarjo Ditunda Besok
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menunda penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

"UMK masih belum. Penetapannya besok," kata Kepala Dinas Tenaga kerja Kabupaten Sidoarjo, Husni Thamrin melalui selularnya, Kamis 2 November 2017.

Menurutnya, penundaan penetapan UMK karen ada permintaan dari Serikat Pekerja yang masuk dalam dewan pengupahan. Buruh meminta penetapan sementara waktu ditunda untuk pembicaraan lebih lanjut.

"Mereka yang meminta untuk ditunda. Besok, Jumat siang (3 November) sekitar pukul 13.00 WIB. Kita akan lakukan rapat disini," katanya.

Meski begitu, menurutnya pengajuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan berakhir pada 8 November 2017. Dalam penetapan UMK ini pihaknya masih belum bisa membeberkan nominal secara detail.

"Kalau mengacu pada PP nomor 78 tahun 2015, UMK berjalan ditambah inflasi, dan ditambah lagi pertumbuhan ekonomi nasional. Totalnya nanti saja. Kami masih belum berani menjelaskan sekarang," terangnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, Upah Minimum Kabupaten Sidoarjo akan naik sebesar Rp286.628 dari UMK sebelumnya sebesar Rp3.290.800 menjadi Rp3.577.428.


(SUR)