Dua Kelurahan di Kendal Terdampak Banjir yang Meluas

Iswahyudi    •    Kamis, 23 Nov 2017 12:54 WIB
banjirbencana banjir
Dua Kelurahan di Kendal Terdampak Banjir yang Meluas
Salah satu sekolah di Kabupaten Kendal terdampak banjir. Foto: Metrotvnews.com / Iswahyudi

Kendal: Hujan deras mengguyur Kendal sejak Rabu, 23 Novembe 2017, malam, dan mengakibatkan Sungai Kendal meluap. Banjir yang menerjang permukiman warga sejak dini hari semakin meluas dan tinggi pada siang hari.

Puluhan rumah di dua kelurahan di kota Kendal terdampak banjir yang semakin meluas. Warga di pinggir aliran Sungai Kendal mengaku sudah terbiasa dengan banjir ini dan memilih bertahan di dalam rumah walau ketinggian banjir sudah melebihi 40 sentimeter.

Air menggenangi puluhan rumah di dua kelurahan yakni Pekauman dan Patukangan Kecamatan Kota Kendal, pada Kamis, 23 november 2017, pukul 03.00 WIB. Salah satu warga Pekauman, Juremi, mengatakan banjir sudah menjadi hal yang lumrah terjadi setiap musim hujan tiba. Biasanya air luapan di dua keluarahan juga berasal dari banjir kiriman.

Tidak hanya permukiman, sejumlah sekolah juga tergenang air akibat luapan Sungai Kendal. Misalnya SMA Al Hidayah yang berada di pinggir Sungai Kendal. Walau banjir masuk ke kelas hingga ke ruang guru, proses belajar mengajar tidak terganggu.

“Lantai bawah sebagian tergenang. Ruang kelas sebagian ada di lantai dua, jadi tidak menganggu proses belajar mengajar,” kata salah seorang petugas sekolaha Eko, Kamis, 23 November 2017.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Slamet, mengatakan banjir kali ini diakibatkan Sungai Kendal meluap karena tidak bisa menampung debit air yang tinggi. Tidak hanya pemumkiman, kompleks perkantoran Kabupaten Kendal juga dibanjiri luapan Sungai Kendal.


(SUR)