Siklon Tropis Cempaka

Siklon Cempaka Berlalu, Hujan Diprediksi Masih Melanda Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Kamis, 30 Nov 2017 12:52 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis cempaka
Siklon Cempaka Berlalu, Hujan Diprediksi Masih Melanda Yogyakarta
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Yogyakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DI Yogyakarta menyebut Siklon Tropis Cempaka sudah menjauh dari perairan Jawa bagian Selatan. Walau cuaca ekstrem perlahan kembali normal, hujan intesitas sedang hingga tinggi diprediksi masih mengguyur seluruh wilayah DIY.

Djoko Budiono menjelaskan siklon yang musnah menimbulkan tekanan rendah di Samudra Hindia di selatan pulau Jawa. Akibatnya, dampak pasca-siklon masih akan melanda wilayah DIY beberapa hari ke depan.

Selain itu, Siklon Tropis Dahlia turut memicu hujan lebat. Siklon Tropis Dahlia bisa menimbulkan belokan angin yang dapat memicu munculnya awan pembawa hujan.

"2-3 hari mendatang di wilayah DIY masih hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir. Tapi tidak separah dua hari kemarin," jelas Joko melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis, 30 November 2017.

BMKG DIY memperkirakan daerah yang diguyur hujan deras tersebar di DIY bagian utara, yakni Kabupaten Sleman, Kulonprogo bagian utara dan Kota Yogyakarta.

Pagi hari hujan ringan akan turun di seluruh wilayah Kota Yogyakarta. Siang hari hujan sedang akan mengguyur wilayah Wates, Bantul, Sleman dan Wonosari. Sementara malam hari hujan turun hanya diwilayah tertentu dan bersifat lokal.

Untuk wilayah selatan, hujan yang turun tidak selebat kemarin. Intensitasnya ringan dan sedang. Angin yang berhembus berasal dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam. Suhu udara berkisar 22-30 derajat celcius.

"Gelombang laut selatan masih tinggi. berkisar 2-4 meter karena adanya angin kencang. Nelayan dan warga pesisir diminta waspada,"pungkasnya


(SUR)