Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Pelancong Diimbau tak Lewati Jalan Parangtritis

Antara    •    Senin, 25 Dec 2017 14:09 WIB
natal dan tahun baru
Pelancong Diimbau tak Lewati Jalan Parangtritis
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bantul: Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, mengimbau wisatawan yang menuju objek wisata Pantai Parangtritis tidak melewati Jalan Parangtritis saat libur akhir tahun. Sebab, jalan ini diprediksi akan macet.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta menyebut kemacetan berpotensi terjadi sepanjang jalan Parangtritis akibat antrean kendaraan wisatawan dari utara ke selatan. Seperti di simpang tiga Tembi, simpang empat Manding dan simpang empat Bakulan.

Ia mengatakan, Dishub Bantul telah memasang rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ) arah Parangtritis di simpang empat Dongkelan dan simpang Mojo.

"Jadi wisatawan yang datang dari arah barat dapat masuk ke jalur Parangtritis melewati perempatan Dongkelan ke selatan yang kemudian menembus Jalan Bantul," kata Aris, Senin, 25 Desember 2017.

Setelah sampai Jalan Bantul, dari simpang empat Klodran ke timur melewati Ring Road Bantul timur masuk Jalan Parangtritis melewati simpang empat Bakulan dari arah barat.

"Sedangkan wisatawan dari arah timur dapat masuk melewati simpang empat Mojo ke selatan kemudian perempatan Barongan ke barat dan masuk ke Jalan Parangtritis melalui perempatan Bakulan dari arah timur," katanya.

Aris mengatakan, dalam rangka pengamanan lalu lintas di jalur wisata, Dishub menerjunkan semua personel lapangan yang di-ploting ke titik-titik rawan kemacetan maupun kepadatan arus lalu lintas agar arus kendaraan tetap lancar.

"Kami juga menyiapkan sarana prasarana lalu lintas terutama rambu rambu petunjuk arah jalur utama dan alternatif, water barier, traffic cone untuk rekayasa lalu lintas, termasuk melakukan patroli dan pemeriksaan APILL," katanya.


(SUR)