Indeks Kerawanan Pemilu di DIY Nomor Dua Nasional

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 29 Sep 2018 18:22 WIB
pilegpilpres 2019pemilu serentak 2019
Indeks Kerawanan Pemilu di DIY Nomor Dua Nasional
Kapolda DIY, Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Indeks kerawanan pemilu 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan cukup tinggi. Diperkirakan indeks kerawanan tersebut nomor dua secara nasional.  

Kapolda DIY, Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri mengatakan indeks kerawanan yang ditaksir tinggi akan jadi acuan dalam pengamanan. Ia menilai, hal itu jadi peringatan bagi jajarannya.

"Ini harus jadi motivasi kami dalam melakukan persiapan agar lebih matang. Kami tidak boleh lengah dan persiapan harus lebih baik," ujar Dofiri di Yogyakarta, Sabtu, 29 September 2018. 

Ia mengatakan, indeks kerawanan pemilu itu mengacu pada catatan pemilihan kepala daerah sebelumnya. Perselisihan antarpendukung pasangan calon memang sempat terjadi dalam pemilihan kepada daerah tahun lalu. 

Dofiri mengatakan akan menyiagakan pasukan dan berkoordinasi dengan lintas lembaga untuk pengamanan. Menurut dia, hal itu jadi salah satu langkah untuk meminimalisasi kerawanan. 

"Tentu harapan kami pemilu 2019 nanti bisa berjalan dengan baik, tanpa kendala yang berarti," ujarnya. 

Ia menambahkan, titik rawan memang ada di sejumlah daerah di DIY. Pada Pilpres 2014 lalu, tensi tinggi memang terjadi saat proses kampanye. 

"Soal indikator kerawanan ya boleh-boleh saja. Tapi kami akan selalu siap untuk berupaya mengantisipasinya," ungkap Dofiri. 


(ALB)