Dubes Australia: Solo Bukan Sarang Teroris

Pythag Kurniati    •    Selasa, 20 Sep 2016 12:46 WIB
terorisme
Dubes Australia: Solo Bukan Sarang Teroris
Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (kanan) saat berkunjung ke Masjid Agung Solo, Selasa (20/09/2016).

Metrotvnews.com, Solo: Duta besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan warganya tidak punya stigma negatif terhadap Kota Solo mengenai terorisme. Pernyataan tersebut ia kemukakan dalam kunjungannya di Masjid Agung Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa, 20 September.

"Kami tidak berpandangan bahwa Solo merupakan sarang teroris. Orang Australia justru berpikir ada banyak kesempatan dalam hal pariwisata di Solo," urai Paul saat mendapatkan pertanyaan mengenai beberapa kasus terorisme melibatkan warga Solo.

Baca: Densus 88 Sergap Teroris di Solo

Menurut Paul, Australia dan Indonesia memiliki kesamaan menghadapi persoalan terorisme. "Ini menimpa anak-anak muda dan ada beberapa warga Australia yang juga berangkat berperang," kata dia.

Paul menjelaskan penting bagi pemerintah Indonesia dan Australia untuk mengeratkan kerja sama. "Sebab, terorisme ini merupakan masalah yang sama," imbuhnya.



Dalam kesempatan itu, Paul juga menjawab diskusi mengenai narkotika. "Narkoba juga menjadi persoalan Australia, namun hukuman mati tidak menyelesaikan masalah," ujarnya.

Baca: Enam Terduga Teroris Bom Mapolresta Solo Dicokok

Paul mengatakan pencegahan melalui edukasi sejak dini jauh lebih penting. "Di Australia, anak-anak, misalnya, diajarkan untuk tidak merokok. Dan hasilnya cukup efektif. Saya rasa, kita perlu menerapkan ide ini untuk menekan narkoba," pungkas dia.


(SAN)