Lima Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Grobogan Terendam

   •    Senin, 10 Oct 2016 10:34 WIB
banjir
Lima Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Grobogan Terendam
Foto ilustrasi. (Ant/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com, Grobogan: Ratusan rumah warga di Kecamatan Gubug dan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, terendam banjir. Lima tanggul di dua sungai jebol menyusul tingginya debit air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Agus Sulaksono, seperti dilansir Antara, Senin, 10 Oktober, mengungkapkan, tanggul sungai yang jebol diperkirakan ada lima lokasi yang tersebar di dua kecamatan.

Di Kecamatan Gubug, terdapat tiga lokasi tanggul jebol di aliran Sungai Tuntang. Yakni di Desa Ngroto, Papanrejo dan Kemiri.

Sedangkan di aliran Sungai Lenggong, terdapat dua tanggul jebol. Yakni di Desa Tanggirejo dan Sukorejo, Kecamatan Tegowanu.

Dari lima desa yang tergenang, hanya warga Desa Tanggirejo yang mulai divakuasi. Sebab, ketinggian air di daerah itu berkisar 1,5 meter. Data sementara, ada 200 jiwa yang mengungsi.

Sementara untuk desa lainnya, kata dia, belum ada permintaan evakuasi. Sebab, sebagian besar rumah warga berupa rumah panggung atau berpondasi cukup tinggi. Jadi, masih bisa ditempati meski genangan air cukup tinggi. "Mereka hanya meminta bantuan logistik," ujarnya.

Banjir juga menghanyutkan tiga rumah warga Desa Kemiri. Belum ada laporan korban jiwa. "Mudah-mudahan tidak ada," ujarnya. Aparat setempat telah mendirikan dapur umum dan penyelamatan warga.


(SAN)