Bakal Calon Kepala Desa di Kendal Harus Tes Seleksi

Iswahyudi    •    Selasa, 04 Oct 2016 16:12 WIB
pemda
Bakal Calon Kepala Desa di Kendal Harus Tes Seleksi
Tes seleksi calon kepala desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (4/10/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 33 bakal calon kepala desa dari lima desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menjalani tes, Selasa 4 Oktober. Mereka mengikuti seleksi lantaran jumlah calon lebih dari lima orang di satu desa.

Kelima desa itu adalah Desa Boja, Desa Genting Gunung dan Pesaren Kecamatan Sukorejo. Lalu, Desa Kalibareng, Kecamatan Patean; dan Desa Penjalin Kecamatan Brangsong.

Kasubag Bina Pemdes pada Bagian Tata Pemerintahan Setda Kendal, Tekad Utomo mengatakan, aturannya, jumlah calon kepala desa, minimal dua orang dan maksimal lima orang.

Desa yang bakal calonnya lebih dari lima, harus diadakan seleksi lagi untuk memilih lima calon. "Kalau ada desa yang calonnya hanya satu, pendaftarannya diperpanjang," kata Tekad.

Tekad menambahkan, pelaksanaan seleksi diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jateng. Mulai dari pembuatan materi hingga penilaian dan hasil seleksi.

Secara umum, materi tes meliputi psikotes dan pengetahuan umum tentang kewarganegaraan dan pemerintahan. Hasil seleksi akan diumumkan 10 Oktober 2016.

"Seleksi sepenuhnya ditangani LPMP Jateng dan kami tidak ikut campur sama sekali," ujarnya.

Yuli Ariyanto dari LPMP Jateng mengatakan, materi tes bersifat standar, tidak memandang usia maupun gender. Soal berupa pilihan ganda, sehingga peserta tinggal memilih jawaban dan tinggal memberi tanda silang pada lembar jawaban yang sudah disediakan.

"Penilaian menggunakan sistem komputer," katanya.


(SAN)