Solo Bangun Masjid Raya di Kawasan Hiburan

Pythag Kurniati    •    Kamis, 06 Oct 2016 10:44 WIB
masjid agung
Solo Bangun Masjid Raya di Kawasan Hiburan
Gerbang Taman Sriwedari. Arena THR Sriwedari berada di dalam areal yang dulu bernama Bonrojo (kebon rojo) itu. (Media Indonesia/Ferdinand)

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo akan segera merealisasikan pembangunan Masjid Raya Solo pada 2018. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari dibidik sebagai lokasi.
 
“Kami mencari tempat yang strategis di tengah Kota Solo dan THR Sriwedari sangat representatif untuk itu,” ungkap Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Balaikota, Kamis (06/10/2016).
 
THR Sriwedari berada di dalam kompleks Taman Sriwedari di Jalan Slamet Riyadi. Rencananya, kompleks arena hiburan itu bakal dipindahkan ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), di Jalan Ir Sutami.

“Pembangunan Masjid Raya sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2016-2021,” kata pemilik sapaan Rudy itu.
 
Rudy bilang, Masjid Raya terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai gedung pertemuan dan tempat pendidikan. Sedangkan lantai dua sebagai tempat ibadah.
 
Saat ini, Pemkot Solo menyelenggarakan sayembara pembuatan desain Masjid Raya Solo. Desain harus memenuhi beberapa hal seperti kaidah tempat ibadah, kapasitas maupun pola ruang.
 
Kepala Dinas Tata Ruang Kota Agus Djoko Witiarso mengatakan Pemprov Jateng, tokoh agama islam, dan budayawan akan berlaku sebagai tim juri dalam sayembara tersebut.

“Pendaftaran mulai dibuka 5-17 Oktober. Pemenang sayembara desain Masjid Raya rencananya akan diumumkan akhir 2016,” pungkasnya.
(SAN)