Daerah Rawan Angin Kencang di Bantul Meluas

Patricia Vicka    •    Jumat, 18 Nov 2016 11:14 WIB
angin kencang
Daerah Rawan Angin Kencang di Bantul Meluas
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Daerah rawan angin kencang di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta makin meluas. Jika sebelumnya hanya terjadi di Kecamatan Piyungan dan kecamatan Bantul, kini ancaman angin kencang mengintai seluruh kecamatan di Bantul.

Bahkan, kini ancaman puting beliung mulai melebar ke kabupaten lainnya, seperti Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY Krido Suprayitno mengatakan puting kencang terjadi karena adanya pergeseran curah hujan dan kelembapan udara. Ditambah lagi, wilayah Bantul berbentuk seperti cekungan yang dikelilingi dataran tinggi. 

"Potensi angin puting ribut kini menyebar ke seluruh wilayah Bantul dan meluas ke sebagian kecamatan di Kulon Progo, Gunungkidul dan Sleman," ujarnya di kantornya di Jalan Cendana Yogyakarta, Jumat (18/11/2016).

Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan sudah lima kali peristiwa angin kencang melanda Bantul selama musim penghujan. Angin ini terjadi dua kali di Bambanglipuro, dua di Kasihan dan satu kali menyebar di seluruh Bantul.

"Ratusan pohon tumbang dan 56 rumah dan bangunan rusak kaerna angin kencang," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada jika melihat tanda-tanda alam puting kencang. Yakni cuaca yang super panas di pagi dan siang hari, adanya awan  hitam pekat yang kemudian berubah menajdi putih.

"Kalau sudah lihat tanda- tanda itu bisa dipastikan akan ada angin lebat. Warga juga diimbau memangkas ranting dan dahan pohon besar yang rindang untuk mengurangi kerusakan," pugkasnya.

Para relawan yang tersebar di 21 posko BPBD Bantul pun telah siaga untuk menginformasikan tanda-tanda potensi bencana. para relawan akan mengumumkan ke masyarakat untuk siaga sebelum potensi bencana.


(SAN)